Kenakan Kostum Pejuang, Sambangi Para Veteran

Kenakan Kostum Pejuang, Sambangi Para Veteran

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 11 November 2022 - 07:57
share

RADAR JOGJA Polres Magelang Kota ikut andil dalam memperingati Hari Pahlawan. Bahkan, seluruh peserta mengenakan pakaian dengan tema pahlawan zaman dahulu. Seperti Ir Soekarno, Jendral Soedirman, Pangeran Diponegoro, para pejuang bambu runcing, baju kartini, rakyat zaman dahulu, dan beberapa pejuang daerah lainnya.

Semua peserta tampak ceria dan antusias saat mengikuti upacara lantaran memakai kostum yang unik. Tujuannya untuk menghadirkan suasana perjuangan para pahlawan dan menumbuhkan semangat perjuangan para personel Polres Magelang Kota, TNI, dan masyarakat secara umum.

Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang menuturkan, setiap hari memang telah diperingati Hari Pahlawan. Namun, tidak begitu menjiwai. Di sini, kami mengajak anggota Polres Magelang Kota, anggota Kodim 07/05 Magelang, dan masyarakat, ayo kita sama-sama menjiwai apa sih Hari Pahlawan itu, bebernya usai upacara di halaman Apartemen Mosvia Polres Magelang Kota kemarin (10/11).

Saat menggelar upacara, Polres Magelang Kota juga memberikan penghargaan kepada beberapa masyarakat dan relawan. Yang mana telah berdedikasi membantu Polres Magelang Kota dalam rangka penertiban di wilayah hukumnya.

Perlu diketahui, Kota Magelang masih memiliki para veteran kelas A. Sehingga peringatan ini tidak hanya berhenti pada upacara saja, tapi juga bisa berkunjung ke rumah mereka. Setidaknya bisa memberikan dukungan moral kepada mereka.

Kunjungan tersebut, kata dia, dilakukan dengan gaya tempo dulu. Yakni menaiki sepeda ontel. Para veteran pun menyambut baik kedatangan para anggota Polres Magelang Kota. Terlebih, saat mereka mengenakan kostum pahlawan.

AKBP Yolanda menambahkan, meski dengan kegiatan ini, pelayanan di Polres Magelang Kota tetap berjalan. Hari ini semua personel memang dikhususkan memakai kostum para pejuang. Hanya saja, bagi personel yang bertugas di lapangan, tetap berpakaian dinas. Karena nanti dikira ada polisi gadungan yang ngatur (lalu lintas, Red), kelakarnya.

Dandim 07/05 Magelang Letkol Arm Rohmadi mengapresiasi adanya upacara Hari Pahlawan mengenakan kostum para pejuang. Menurutnya, setiap elemen wajib menghargai jasa para pahlawan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai jasa-jasa pahlawan kita, jelasnya.

Dia berpesan, jiwa dan semangat para pahlawan tempo dulu dapat melekat di hati masyarakat. Dengan begitu, mereka bisa meneruskan cita-cita perjuangan para pahlawan Indonesia.

Sementara itu, Pegiat Komunitas Kota Toea Magelang Bagus Priyana mengaku, peringatan Hari Pahlawan yang diadakan Polres Magelang Kota merupakan salah satu cara menumbuhkan nasionalisme dan patriotisme anak bangsa. Selama ini, dia menilai, peringatan Hari Pahlawan biasanya memakai pakaian sederhana.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi momentum dan sebagai pematik bagi masyarakat bahwa nilai-nilai kepahlawanan tetap harus membara bagi bangsa. Ini keren, istimewa. Selain terlibat di upacara ini, kami bersama-sama bersepeda berkunjung ke veteran, ujarnya. (aya/bah)

Topik Menarik