Ladies, Gak Perlu Khawatir! Pakai Bra Berkawat Gak Ada Hubungan dengan Kanker

Ladies, Gak Perlu Khawatir! Pakai Bra Berkawat Gak Ada Hubungan dengan Kanker

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 13 Oktober 2022 - 16:10
share

Para wanita pasti sering khawatir soal isu mengenai bra berkawat bisa picu kanker. Kamu gak perlu khawatir lagi karena dokter mengatakan itu hanya mitos.

Dalam rangka peringatan Hari Tanpa Bra, Dr. dr. Sonar Soni Panigoro, SpB(K)Onk, M.Epid, MARS, spesialis bedah onkologi dari Universitas Indonesia mengatakan tidak ada hubungan antara bra berkawat dan kanker.

"Pasti tidak ada pengaruhnya (antara bra kawat dan kanker payudara)," kata Sonar dikutip dari Antara.

Dia juga menjelaskan bahwa tidak ada bukti yang membenarkan hubungan antara pemakaian bra kawat sehari-hari dan risiko kanker payudara pada si pemakai.

Menurutnya, bra berfungsi sebagai penyokong payudara. Bahkan saat ini ada bra yang dirancang khusus untuk dipakai pasien yang menjalani operasi payudara dengan tujuan memberikan bentuk payudara terlihat lebih baik.

"(Bra) ada wire (kawat) enggak masalah, belum ada tulisan yang menjelaskan ada hubungannya (kawat dengan kanker payudara)," katanya.

Anggapan bahwa pemakaian bra dapat mengganggu sirkulasi darah ditepis olehnya karena bra sudah dibuat sedemikian rupa agar tidak menghambat aliran darah.

Ada bra yang lebih ketat, misalnya bra khusus untuk berolahraga, karena dibuat dengan tujuan menopang payudara saat bergerak aktif.

Terkiat dengan Hari Tanpa Bra, Sonar juga mengatakan bahwa hingga saat ini pun belum ada bukti adanya hubungan antara tidak pakai bra dan kesehatan.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik