Ternyata Daun Meniran punya Manfaat untuk Kesehatan Tubuh, Simak Ulasannya !

Ternyata Daun Meniran punya Manfaat untuk Kesehatan Tubuh, Simak Ulasannya !

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 28 September 2022 - 10:57
share

delta3.co.id Bunga Telang memiliki manfaat untukkesehatantubuh, karena memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan memori otak, mengurangi stress, dan juga memperbaiki suasana hati.

Selain bunga telang,Daun Meniranjuga tak kalah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun Meniran sangat mudah untuk didapatkan karena hidup seperti gulma yang hidup didepan rumah.

Meniran(phyllanthus_urinaria)merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Memiliki batang yang bulat tegak dan lurus;

Batang berwarna merah muda;

Bentuk daun bulat serta memiliki ukuran yang kecil.

Meniran ini sekilas sangat mirip dengan puteri malu, hanya saja daun meniran tidak memiliki batang berduri, batang sangat lunak dan mudah patah, dan daunnya tidak sensitif sebagaimana daun putri malu.

Manfaat Daun Meniran

Setiap tanaman memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh, begitupun dengan Daun Meniran. Berikut manfaat daun Meniran untuk kesehatan:

1. Membatasi MengatasiBatu Ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya penggumpalan materi keras didalam ginjal. Seperti yang kita ketahui jika ginjal memiliki peranan penting untuk memfiltrasi darah kita.

Proses filtrasi ini sangat berguna untuk menyaring darah dari toxic atau racun yang bersumber dari makanan atau minuman yang telah kita konsumsi.

Penggumpalan materi keras pada ginjal berasal dari mineral dan garam, serta memberikan dampak seperti sering buang air kecil tetapi urin tetapi keluarnya sedikit.

Dengan mengkonsumsi Daun Meniran yang bersifat basa dapat membantu mengatasi penyakit batu ginjal yang bersifat asam.

2.Mencegah Kerusakan Hati

Organ hati memiliki peranan yang sama penting dengan ginjal, yaitu untuk melakukan filtrasi pada darah. Daun Meniran memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu melindungi hati.

Kandungan antioksidannya dapat membantu melindungi hati dari kerusakan sel yang disebabkan senyawa yang tidak stabil karena kadarnya yang terlalu tinggi dalam tubuh.

3. Membantu meredakanAsam Urat

Hasil penelitian yang dilakukan U.S. National library of Medicine tahun 2016 menunjukan bahwa hewan yang diberikan ekstrak daun meniran ini menunjukan penurunan kadar asam uratnya.

Asam urat yang tinggi dapat menumpuk asam didalam darah, dengan mengkonsumsi ekstrak daun meniran diyakini dapat membantu menyeimbangkan tingkat asam urat dalam darah.

4. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Selanjutnya ekstrak daun meniran dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal tersebut sejalan dengan beberapa hasil penelitian yang pernah dilakukan.

Dengan mengkonsumsi ekstrak daun meniran setiap hai dijamin akan sangat membantu dalam menurunkan tekanan darah.

Cara Penyajian

Sediakan bahan yang meliputi daun meniran, air 250-300 ml, dan madu satu sendok makan;

Cuci daun meniran hingga bersih;

Didihkan air yang telah disediakan tadi;

Masukan daun meniran kedalam air panas tadi;

Tunggu hingga air hangat untuk kemudian tuangkan satu sendok makan madu;

Teh daun meniran telah siap dinikmati.

Itulah khasiat daun meniran untuk kesehatan tubuh kita.

Artikel Menarik Lainnya

Topik Menarik