Dua Peristiwa Penting Diperingati Hari ini? Yuk Simak Sejarahnya!

Dua Peristiwa Penting Diperingati Hari ini? Yuk Simak Sejarahnya!

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 27 September 2022 - 11:01
share

BUKAMATA - Tanggal 27 September ternyata merupakan hari istimewa. Hari ini, Selasa (27/9/2022) dua peristiwa penting diperingati, yaitu Hari Bhakti Pos dan Telekomunikasi (Postel) dan Hari Pariwisata Sedunia.

Dikutip dari Suara.com, sejarah Hari Bhakti Postel, diperingati setiap tanggal 27 September di tiap tahunnya. Hari ini merupakan peringatan penting bagi seluruh pegawai di sektor pos dan telekomunikasi di Indonesia.

Hari ini dibuat untuk memperingati sejarah diambil alihnya Jawatan Pos Telegraf dan Telepon (PTT) dari kekuasaan pemerintahan Jepang oleh Angkatan Muda PTT, pada 27 September 1945.

Peristiwa pengambilalihan Jawatan PTT ini membutuhkan perjalanan yang tidak mudah. Terlebih, Jepang tidak mau menyerahkan Jawatan PTT ini.

Namun, pada 27 September 1945, Angkatan Muda PTT yang diketuai Soetoko dibantu oleh Soewarno, dan pasukannya serta rakyat yang mendukung berhasil mengambil alih kantor pusat PTT di Bandung, Jawa Barat.

Hari Pariwisata Sedunia, ini telah diperingati sejak tahun 1980 sebagai peringatan atas pengadopsian Statuta UNWTO pada 27 September 1970, yang merupakan pencapaian luar biasa untuk pariwisata dunia saat itu.

Adapun tujuan dibuatnya Hari Pariwisata Sedunia yakni untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pariwisata sebagai satu di antara sektor ekonomi terpenting di dunia.

Selain itu, Hari Pariwisata Sedunia pun bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya pariwisata inklusif, yang dapat diakses oleh semua orang.

Termasuk, penyandang disabilitas dan masyarakat berpenghasilan rendah.

Topik Menarik