Loading...
Loading…
JJS Makassar Kampanyekan Budaya Sadar Sampah dengan Aksi Bersih-bersih Kota

JJS Makassar Kampanyekan Budaya Sadar Sampah dengan Aksi Bersih-bersih Kota

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Buka Mata News | Sabtu, 24 September 2022 - 07:44

MAKASSAR, BUKAMATA - Sebagai bentuk rasa syukur terhadap hari jadi komunitas yang ke 1 dekade, Jajan Jalan Seru (JJS) Makassar menggelar aksi bersih-bersih kota Makassar, Jumat (23/9/2022) malam.

Dikemas dalam kegiatan bertema NIGHT WALKING SERU, Sebanyak 20 orang anggota JJS Makassar menyusuri jalan Riburane, Jalan Ahmad Yani, Jalan Kajaolalido, Jalan Usman Jafar, Jalan Sultan Hasanuddin, Jalan WR Supratman, dan Kembali ke Jalan Ujung pandang sebagai titik Finish.

"Kami fokus mengambil sampah-sampah kecil yang terlewatkan seperti puntung-puntung rokok yang terselip. Juga sampah-sampaj yang ada di selokan, " Kata penanggung jawab kegiatan Sandi.

Sandi mengatakan sebagai komunitas yang fokus melakukan ekplorasi terhadap tempat-tempat wisata mereka memiliki kebiasan untuk membereskan sampah yang mereka hasilkan saat sedang melakukan perjalanan wisata.

"Misalnya kalau ke gunung kami akan membawa semua sampah kami kembali ke kota dan tidak meninggalkan jejak sampah, " kata Sandi.

Hal ini lah menurutnya yang harus diterapkan di kota, sebisa mungkin seseorang tidak meninggalkan sampahnya dimanapun lokasi yang dikunjungi.

"Ya meskipun di kota sudah ada petugas kebersihan yang akan menyapu atau memungut sampah, tapi bukankah meringankan beban sesama termasuk kebaikan? Selain itu menjaga lingkungan tetap bersih apalagi tempat wisata adalah tugas kita semua, " Jelasnya.

Lebih lanjut Sandi mengatakan bahwa kegiatan anggota JJS Makassar berjalan dimalam hari sambil memungut sampah juga menjadi bagian dari kampanye memancing kesadaran masyakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Sandi menjelaskan, kegiatan bersih-bersih kota ini merupakan agenda tahunan di JJS Makassar dengan memilih lokasi-lokasi yang strategis untuk berjalan dan mencari sampah di pinggir jalan.

Alhamdulillah kegiatan ini terlaksana setelah kami vakum selama 3 tahun karena pandemic corona, teman teman komunitas sangat antusias terbukti dengan keikutsertaan member member lama JJS Makassar dalam aksi Night Walking Seru ini ujarnya.

Dalam kegiatan ini kami memisahkan jenis sampah plastik untuk kami berikan kepada pemulung agar bisa di manfaatkan, dan setelah kegiatan bersih-bersih selesai kami melanjutkan dengan duduk Bersama membahas kegiatan kegiatan kami (JJS Makassar) kedepan Tutup Sandi.

Original Source

Topik Menarik