5 Jenis Tepung Sehat Pengganti Terigu, Intip Juga Label Nutrisinya

Gaya Hidup | okezone | Published at Minggu, 02 Agustus 2020 - 21:35
5 Jenis Tepung Sehat Pengganti Terigu, Intip Juga Label Nutrisinya

TEPUNG merupakan salah satu bahan makanan pokok yang digunakan untuk membuat berbagai hidangan. Ada beberapa jenis tepung yang dipalkai untuk membuat makanan penutup, makanan yang dipanggang, casserole, pasta hingga aneka gorengan.

Namun, beberapa jenis tepung lebih sehat daripada yang lain. Misalnya, tepung putih dan serba guna yang kurang sehat. Karena tepung-tepung tersebut disaring untuk menghilangkan dedak yang menyimpan sebagian besar serat dan nutrisi dari gandum.

Karena itu, banyak orang tertarik untuk mengganti tepung terigu dengan pilihan yang lebih sehat untuk memanggang dan masak. Berikut 5 jenis tepung yang paling sehat untuk membuat segala hidangan dengan kandungan nutrisinya, dilansir Okezone dari Healtline.

1. Tepung kelapa

Tepung kelapa adalah tepung bebas gandum dan gluten yang dibuat dengan menggiling daging kelapa kering menjadi bubuk halus dan halus.

Ini lebih padat kalori daripada tepung berbahan dasar gandum tradisional dan sumber protein, lemak, serat, dan mineral yang baik seperti zat besi dan kalium.

Tidak seperti tepung gandum, tepung kelapa mengandung banyak lemak. Lemak ini terutama jenuh dan sebagian besar terdiri dari trigliserida rantai menengah (MCT), yang dapat mengurangi peradangan dan mendukung metabolisme yang sehat.

Meskipun kontroversial, lemak jenuh dari kelapa kemungkinan mempengaruhi kesehatan Anda secara berbeda dari makanan cepat saji, makanan yang digoreng, dan daging olahan - dan bahkan mungkin menawarkan manfaat.

Tepung kelapa juga kaya akan antioksidan dan tampaknya memiliki sifat antimikroba.

Sajian 1/2-cangkir (64-gram) menyediakan:

Kalori: 210

Protein: 8,5 gram

Lemak: 13 gram

Karbohidrat: 34 gram

Serat: 25 gram

Besi: 22% dari Nilai Harian (DV)

Kalium: 18% dari DV

Tepung kelapa memiliki rasa agak manis yang cocok untuk kue, kue, roti, dan makanan panggang lainnya.

Itu cenderung memiliki tekstur berpasir dan menyerap banyak cairan, yang dapat mengeringkan beberapa barang yang dipanggang. Dengan demikian, ini bekerja paling baik di piring yang menggunakan telur untuk menjaga kelembaban dan struktur, seperti muffin.

Saat mengganti tepung kelapa dengan tepung terigu, gunakan sekitar 1/4 dari yang dibutuhkan resep, lalu ganti 3/4 yang tersisa dengan tepung jenis lain.

Selain itu, karena membutuhkan lebih banyak cairan daripada tepung lainnya, tambahkan 1 butir telur per cup cangkir (32 gram) tepung kelapa dalam makanan yang dipanggang.

Artikel Asli