Waspada, 4 Hal Tak Terduga Ini Bisa Menjadi Penyebab Gusi Berdarah

Waspada, 4 Hal Tak Terduga Ini Bisa Menjadi Penyebab Gusi Berdarah

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 19 September 2022 - 15:18
share

JAKARTA, iNews.id - Penyebab gusi berdarah ada bermacam-macam. Jika Anda pernah mengalami gusi berdarah, hal-hal di bawah ini bisa menjadi penyebabnya.

Mengetahui penyebab gusi berdarah penting untuk penanganan lebih lanjut. Seperti kita ketahui, gusi berdarah bisa menyasar usia berapa saja.

Penyebab gusi berdarah bisa terjadi karena sesuatu yang sederhana. Misalnya saja, salah teknik saat menyikat gigi.

Namun, perlu diketahui juga, bahwa gusi berdarah merupakan permasalahan kesehatan mulut. Jadi, ini juga bisa menjadi tanda kebersihan mulut yang buruk atau kondisi kesehatan tertentu.

Selain itu, ada sejumlah penyebab gusi berdarah lainnya yang perlu Anda ketahui. Apa saja? Berikut ulasannya seperti dirangkum pada Senin (19/9/2022).

1. Plak terbentuk di gigi

Penyebab gusi berdarah di urutan pertama, adalah plak yang terbentuk di gigi. Plak adalah lapisan lengket tidak terlihat dan sebagian besar terdiri dari bakteri yang terbentuk di gigi Anda.

Plak ini terbentuk saat pati dan gula dalam makanan berinteraksi dengan bakteri yang biasanya ditemukan di mulut Anda.

Mencegah terbentuknya plak ini membutuhkan pengangkatan setiap hari, karena terbentuk kembali dengan cepat.

Sebab, plak di gigi dapat kembali dengan cepat. Itulah mengapa penting menyikat gigi dua kali sehari saat bangun dan sebelum tidur.

2. Plak menjadi karang gigi

Penyebab gusi berdarah lainnya yakni plak yang menjadi karang gigi. Ketika kebersihan mulut tidak dijaga, itu memicu terbentuknya plak.

Namun jika tidak dijaga setiap hari, plak akan menempel pada gigi dan mengeras di bawah garis gusi, menjadi karang gigi (kalkulus).

Hal ini yang mengumpulkan bakteri di dalam mulut sehingga plak lebih sulit dihilangkan, menciptakan perisai pelindung bagi bakteri dan menyebabkan iritasi di sepanjang garis gusi.

Anda membutuhkan pembersihan gigi profesional untuk menghilangkan karang gigi, demikian keterangan dari MayoClinic.

3. Kurang vitamin C

Kurang vitamin C juga bisa menjadi penyebab gusi berdarah. Sebab, salah satu ciri tubuh kekurangan vitamin C adalah radang gusi atau gusi berdarah.

Vitamin ini membantu jaringan Anda tumbuh dan memperbaiki, sehingga bisa menyembuhkan luka dan memperkuat tulang dan gigi.

Jika tubuh tidak memiliki cukup vitamin C, Anda mungkin merasa lemah dan mudah tersinggung. Seiring waktu, Anda juga bisa mengalami gusi bengkak dan berdarah.

4. Kurang vitamin K

Penyebab gusi berdarah berikutnya, adalah kurang vitamin K. Jika melihat banyak pendarahan dari gusi Anda, itu mungkin karena Anda tidak mendapatkan cukup vitamin K, demikian keterangan WebMD.

Vitamin K sendiri membantu pembekuan darah dengan benar. Ini juga baik untuk tulang. Jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin K melalui diet atau Anda tidak menyerapnya dengan baik, maka bisa menyebabkan masalah pendarahan.

Anda bisa mendapatkan vitamin K dari kacang-kacangan. Di antaranya kadang kedelai, kacang hijau, kacang polong, dan kacang merah.

Itulah tadi penyebab gusi berdarah. Anda bisa mencegah dan mengatasinya dengan rutin membersihkan gigi dan mulut Anda.

Konsumsi juga makanan-makanan sumber vitamin C dan K. Jangan lupa juga untuk rutin mengunjungi dokter gigi Anda minimal enam bulan sekali.

Topik Menarik