Jangan Asal Kenyang Ya Beauty, Ternyata Ini Kesalahan Sarapan Terburuk untuk Gula Darah Menurut Ahli Gizi, Efeknya Ngeri!

Jangan Asal Kenyang Ya Beauty, Ternyata Ini Kesalahan Sarapan Terburuk untuk Gula Darah Menurut Ahli Gizi, Efeknya Ngeri!

Gaya Hidup | herstory | Senin, 19 September 2022 - 07:00
share

Beauty, sarapan dianggap sebagai "makanan terpenting sebelum menjalani hari" oleh banyak ahli karena suatu alasan, karena melewatkannya dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan seperti metabolisme yang lambat, penambahan berat badan, dan bahkan peningkatan risiko diabetes tipe 2.

Nah, makan pagi ini sangat penting bagi kamu yang saat ini menderita diabetes, lho. Sebab, makan lebih awal dan makan yang rendah karbohidrat dan tinggi lemak telah terbukti mendukung kadar gula darah sepanjang hari. Di sisi lain, melewatkan sarapan dapat mempersulitmu untuk menjaga gula darah dalam kisaran yang aman sepanjang hari.

Meskipun sarapan sangat penting, namun kamu juga perlu mengonsumsi minuman yang tepat untuk memaksimalkan makanan ini, Beauty. Kalau enggak, bisa mendatangkan malapetaka pada gula darahmu jika tak hati-hati. Inilah sebabnya mengapa kesalahan sarapan terburuk untuk gula darah tinggi adalah minum minuman tertentu tanpa disertai dengan makanan.

Sebagai contoh, kopi adalah minuman klasik yang membuat pagimu bersemangat. Namun, minum secangkir kopi saja bisa berdampak buruk pada tubuh kamu, lho Beauty.

"Untuk beberapa penderita diabetes, kafein dapat menyebabkan gula darah melonjak," kata ahli gizi terdaftar, Lauren Manaker, dikutip dari Eat This, Senin (19/9/2022).

Dan, menurut Mayo Clinic, jika saat ini kamu menderita diabetes dan menggunakan insulin, dampak kafein (sekitar 200 miligram) dapat dikaitkan dengan kadar gula darah yang lebih tinggi atau lebih rendah. Selain itu, minum kopi sebelum makan apa pun di pagi hari juga dapat menyebabkan peningkatan.

Gak cuma itu, menurut ahli gizi terdaftar Sydney Greene, minum jus pun akan menyebabkan gula darah melonjak karena merupakan sumber karbohidrat yang cepat. Sebabnya, jus tak memiliki serat pengatur gula darah yang memperlambat pencernaan yang ada dalam bentuk buah utuh.

Sehingga menurut CDC, mengonsumsi serat sangat penting untuk mengendalikan gula darah . Tubuh tidak dapat menyerap dan memecah serat, yang berarti tidak menyebabkan lonjakan gula darah seperti karbohidrat lainnya.

Memperbaiki kesalahan sarapan karena gula darah tinggi

Lantas, apa solusinya? Menurut Greene, sebaiknya para penderita diabetes memasangkan minuman tersebut dengan makanan yang akan membantu menjaga kadar gula darah. Makanan tersebut termasuk protein dan lemak sehat.

"Untuk kopi, memasangkannya dengan makanan yang mengandung protein dan/atau lemak sehat dapat membantu menumpulkan lonjakan kafein," kata Greene.

Manaker juga menyarankan untuk memasangkan kopi dengan telur orak-arik, yang dikemas dengan lemak sehat, protein, dan antioksidan. Ini membuatnya menjadi tambahan yang bagus untuk diet penstabil gula darah.

"Selanjutnya, dengan menambahkan lemak seperti segenggam kacang atau satu sendok makan selai kacang saat Anda minum jus, lonjakan gula darah Anda akan turun, yang menyebabkan perasaan lapar atau lelah yang tertunda," kata Greene.

"Sandwich selai kacang pada roti gandum menyediakan beberapa serat, nutrisi lain yang memainkan peran positif pada gula darah," kata Manaker.

"Sandwich juga menyediakan lebih banyak lemak dan protein, tambahnya.

So, jangan asal sarapan lagi ya, Beauty. Gak ada salahnya kamu mengikuti saran ahli gizi di atas. Semoga selalu sehat ya!

Topik Menarik