Loading...
Loading…
Ketua Dewan Pers Indonesia Tutup Usia Pasca Dirawat Akibat Serangan Jantung

Ketua Dewan Pers Indonesia Tutup Usia Pasca Dirawat Akibat Serangan Jantung

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Buka Mata News | Minggu, 18 September 2022 - 13:27

BUKAMATA - Dunia Jurnalistik Indonesia sedang berduka. Salah satu sosok cendekia penting dalam perjalanan dunia Pers di Indonesia tutup Usia.

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dikabarkan meninggal dunia di Malaysia pada Minggu (18/9/2022).

"Telah meninggal Prof Dr. Azyumardi Azra CBE, Semoga beliau husnul khatimah, ditempatkan di kalangan orang berilmu, dan mujahid di sisi Allah, Amin," demikian pesan yang beredar di kalangan wartawan

Cendekiawan yang sempat menjadi Rektor UIN Jakarta ini tutup usia setelah mendapat serangan jantung di pesawat dalam perjalanan dari Jakarta menuju Malaysia.

Direktur Eksekutif Indikator Burhanudin Muhtadi yang juga berasal dari UIN Jakarta juga mencuitkan kabar duka tersebut dalam akun Twitter miliknya.

"Selamat jalan Prof Azyumardi Azra. Belum hilang rasa sedih kita kehilangan Buya Syafii Maarif, kini ditambah dengan berpulangnya Buya Azra. Semoga husnul khatimah," tulisnya.

Adapun Azyumardi Azra meninggal dunia di usia 67 tahun. Dia dikenal sebagai cendekiawan muslim.

Ia sempat menjadi Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 1998 dan mengakhirinya pada 2006.

Sepanjang hidupnya, Azyumardi Azra lebih banyak berkutat dalam dunia pendidikan. Namun, dia juga pernah menjadi wartawan Panji Masyarakat pada tahun 1979-1985. Posisi terakhirnya adalah Ketua Dewan Pers yang dilakoninya sejak 19 Mei 2022.

"Pikiran-pikiran kritisnya telah banyak memberikan kontribusi bagi negeri ini. Selamat jalan, Prof, " katanya.

Original Source

Topik Menarik