Mencegah Serangan Jantung, Lakukan 4 Olahraga Ini Yuk!

Mencegah Serangan Jantung, Lakukan 4 Olahraga Ini Yuk!

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 18 September 2022 - 13:17
share

SAAT ini banyak orang usia tua maupun muda, bahkan yang masih produktif terkena serangan jantung. Hal ini akibat gaya hidup serba enak, banyak mager, dan malas olahraga.

Nah, agar kamu tak terkena serangan jantung, terdapat beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan oleh American Heart Association untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Simak yuk, apa saja bestie?

jalan kaki

1. Berjalan kaki

Jalan kaki memiliki banyak manfaat bagi tubuh, antara lain menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, memperkuat tulang, serta mengurangi lemak tubuh.

2. Jogging atau berlari

Jogging memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan kekuatan tulang, memperkuat otot, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga berat badan

3. Sepeda statis

Olahraga dengan sepeda statis merupakan bentuk latihan kardiovaskular yang bagus bagi kesehatan jantung. Mulai dari meningkatkan fungsi kerja jantung, paru-paru, hingga mampu menguatkan otot-otot badan. Selain jantung sehat, tubuh juga terasa lebih ringan.

4. Renang

Melakukan olahraga renang 30 menit per hari bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung. Renang juga mengurangi tekanan darah, meningkatkan level HDL.

Berenang bisa membuat lapisan sel-sel yang melapisi arteri lebih fleksibel dan menjaga kondisinya tetap bagus.

Topik Menarik