Kandungan Skincare yang Perlu Dihindari Kulit Berminyak agar Tak Munculkan Masalah Kulit Baru

Kandungan Skincare yang Perlu Dihindari Kulit Berminyak agar Tak Munculkan Masalah Kulit Baru

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 16 September 2022 - 11:17
share

Setiap orang memiliki kulit dengan jenis dan kondisi yang berbeda. Hal inilah yang perlu dipertimbangkan saat memilih produk kecantikan, termasuk skincare. Pasalnya, tidak semua skincare ingredients dapat digunakan oleh setiap jenis kulit. Contohnya, ada ingredients yang baik untuk merawat kulit berminyak, tapi ada juga kandungan skincare yang perlu dihindari oleh pemilik jenis kulit satu ini, seperti beberapa kandungan berikut ini.

Mineral oil

kandungan-skin-care-yang-perlu-dihindari-kulit-berminyak

Minyak mineral atau mineral oil merupakan turunan dari minyak bumi yang dihasilkan dari pembakaran fosil. Sebenarnya kandungan ini cukup sering ditemukan dalam produk kecantikan, terutama pelembap wajah.

Meski tergolong aman dan minim reaksi alergi, tapi kandungan skincare satu ini tidak dianjurkan untuk kulit berminyak. Sebab, mineral oil bisa membuat pori-pori menjadi lebih mudah tersumbat sehingga minyak dan debu lebih mudah terperangkap pada kulit. Ini bisa menyebabkan masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

Paraffin wax

kandungan-skin-care-yang-perlu-dihindari-kulit-berminyak

Beberapa produk dengan klaim bisa membuat kulit menjadi lembut dan halus memiliki kandungan paraffin wax di dalamnya. Meski memiliki manfaat tersebut, tapi para pemilik kulit berminyak sebaiknya menghindari skincare dengan kandungan ini. Sebab, paraffin wax merupakan salah satu golongan minyak mineral yang bisa menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit sehingga bisa memicu breakout pada wajah.

Essential oil yang tinggi kandungan oleic acid

kandungan-skin-care-yang-perlu-dihindari-kulit-berminyak

Selain mineral oil , ternyata ada beberapa jenis essential oil yang kurang bagus jika digunakan oleh oily skin, di antaranya adalah minyak esensial yang tinggi kandungan oleic acid , yakni asam lemak yang jika dalam persentase tertentu bisa menyebabkan kulit menjadi semakin berminyak sehingga terasa berat dan lengket. Contoh minyak atsiri yang tinggi oleic acid adalah coconut oil, hazelnut oil, camellia oil, dan sunflower oil .

--------------------------------------- SPLIT PAGE ---------------------------------------

Petroleum jelly

kandungan-skin-care-yang-perlu-dihindari-kulit-berminyak

Pada kulit kering, petroleum jelly bisa membantu kulit menjadi lebih lembap. Namun, hal ini tidak berlaku untuk pemilik kulit berminyak. Pasalnya, kandungan skincare ini justru sulit diserap oleh kulit yang berminyak sehingga bisa memicu munculnya komedo karena pori-pori yang tersumbat. Jadi, untuk para pemilik oily skin lebih dianjurkan menggunakan skincare dengan tekstur gel dan losion yang ringan.

Alkohol

kandungan-skin-care-yang-perlu-dihindari-kulit-berminyak

Jika kandungan skincare lainnya tidak dianjurkan untuk kulit berminyak karena bisa menyumbat pori-pori, maka ingredients satu ini perlu dihindari untuk mencegah kulit menjadi kering. Pasalnya, kulit yang kering akan mengirim sinyal pada kelenjar sebum untuk memproduksi minyak alami lebih banyak. Hasilnya, kulit bisa semakin oily dan terlihat kusam.

Jadi, selain melihat klaim, pastikan kamu juga lebih teliti saat membaca kandungan skincare pada produk kecantikan yang kamu beli, agar tidak menimbulkan masalah kulit yang baru.

Topik Menarik