Apa Benar Pengidap HIV Pasti Kena AIDS?

Apa Benar Pengidap HIV Pasti Kena AIDS?

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 16 September 2022 - 05:15
share

HINGGA saat ini masih banyak masyarakat yang kurang paham dengan HIV dan AIDS. Salah satunya, anggapan kalau keduanya adalah satu paket.

Dalam arti, orang dengan HIV sudah pasti otomatis juga terkena AIDS. Padahal, seperti disampaikan Konselor HIV/AIDS, dr. Gia Pratama, Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS), merupakan dua hal yang berbeda.

HIV

Dokter Gia menjelaskan, seseorang yang positif HIV bukan berarti juga positif AIDS. Patut dicacat, AIDS sendiri adalah nama penyakitnya, sementara HIV adalah sebutan untuk virus.

"Perlu diingat, HIV bukan nama penyakit, HIV nama virus. Apakah orang yang HIV sudah pasti AIDS? Belum tentu, tapi kalau AIDS pasti HIV positif," jelas dr. Gia.

Dokter Gia menjelaskan, bahwa seseorang yang terkena AIDS artinya sudah memiliki banyak gejala penyakit yang tertampung di dalam tubuhnya. Orang dengan HIV dan AIDS, artinya inti dari sistem imun manusianya sudah terserang.

"Bayangkan jika sebuah negara tanpa pasukan perang, begitu juga dengan tubuh. Begitu juga dengan orang yang AIDS," terangnya.

Lebih lanjut, kata dr. Gia, bahwa orang yang positif AIDS meninggal bukan karena virusnya. Namun dikarenakan runtuhnya sistem imunitas, sehingga semua bakteri dan macam-macam penyakit lainnya akan mudah masuk.

"Makanya ia (orang dengan) AIDS tidak pernah meninggal karena HIV-nya, ia meninggal karena serangan bakteri dan virus lain yang masuk ke dalam tubuhnya," tutupnya singkat.

Topik Menarik