Keren! 7 Motor Listrik Buatan Indonesia dari Model Skuter hingga Moge, Harga Terjangkau

Keren! 7 Motor Listrik Buatan Indonesia dari Model Skuter hingga Moge, Harga Terjangkau

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 15 September 2022 - 11:38
share

JAKARTA, iNewsTasikmalaya.id Tren kendaraan listrik sekarang menjadi salah satu kendaraan yang tengah banyak diperbincangkan masyarakat Indonesia. Sekarang ini sudah banyak produsen motor listrik lokal yang menghadirkan produk-produk andalannya.

Hal ini sejalan dengan arahan pemerintah dalam elektrifikasi kendaraan. Saat ini berbagai merek motor listrik banyak bermunculan dan bersaing mencuri perhatian pasar.

Sekarang pamor sepeda motor listrik mulai menanjak di tengah kebutuhan masyarakat, apalagi ditambah dengan adanya kebijakan naiknya harga BBM yang diterapkan pemerintah. Kehadiran motor listrik bertenaga baterai semakin menarik perhatian masyarakat.

Model motor listrik buatan Indonesia semakin keren dan beragam. Selain itu, harga motor listrik pun relatif lebih terjangkau. Bahkan, ada yang didesain seperti motor gede alias moge.

Lahirnya motor listrik ini menandakan kesiapan masa transisi dari kendaraan berbahan bakar minyak ke elektrifikasi. Indonesia juga menjadi tuan rumah di negeri sendiri dalam pengembangan motor listrik.

Model motor listrik lokal apa saja yang telah mengaspal. Dirangkum dari iNews.id, berikut deretan motor listrik keren buatan Indonesia.

1. Gesits

Gesits menjadi pionir motor listrik di Indonesia. Motor ini telah diuji coba Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2018. Motor ini memiliki desain yang sangat mirip dengan Honda Vario keluaran 2018.

Dibekali baterai Lithium-ion 72 Volt/20 Ah, Gesits memiliki tenaga dengan daya 5 kW, dan dapat menempuh jarak 50 km dengan satu baterai. Motor listrik karya anak bangsa ini dibanderol Rp26 juta on the road.

2. Rakata

PT Artas Rakata Indonesia juga turut meramaikan industri otomotif di segmen motor listrik dengan mempersembahkan produknya yang menarik. Bukan hanya berbentuk skuter, Rakata juga memiliki motor listrik berdesain sport dengan nama NX8.

Rakata NX8 memiliki dimensi panjang 2 meter, lebar 81,5 cm, tinggi 1 meter, dengan tenaga listrik 2.000 Watt. Motor ini dibekali baterai Lithium-ion 72 Volt/50 Ah dengan kecepatan maksimal 80 km/jam dan dapat menempuh jarak 100 km.

Motor yang memiliki desain sangat modern ini juga tak terlihat seperti motor listrik, dengan aksen seperti bentuk knalpot pada bagian bawah jok. Rakata NX8 dijual dengan harga Rp54.750.000 on the road Jabodetabek.

3. Viar Q1

Jika mendengar nama Viar, maka yang terbesit adalah motor angkutan barang. Namun, pabrikan yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah itu juga meramaikan industri motor listrik dengan andalan mereka Viar Q1.

Memiliki baterai Lithium-ion 60 Volt/23 Ah, Viar Q1 memiliki tenaga 800 Watt dengan kecepatan maksimal 80 km/jam. Baterai motor listrik ini diklaim bisa bertahan 4-5 jam hanya dengan sekali pengisian dengan jarak tempuh 60 km.

Motor listrik yang juga asli dari Indonesia ini biasa digunakan jasa ojek online berkat kerjasama kedua perusahaan. Motor listrik dengan motor yang unik ini dibanderol Rp18 jutaan on the road.

4. Nusa Khatulistiwa

Dari segmen motor besar, belum lengkap jika tak membicarakan Nusa Khatulistiwa dengan motor listrik buatan mereka yang sangat menarik perhatian. Tomi Gunawan dan Domex Mendey selaku pendiri perusahaan, menciptakan motor listrik berdesain sport.

Bahkan, desain Nusa Khatulistiwa menyerupai naked bike milik Ducati, dan memiliki performa besar. Menggendong baterai berkapasitas 10 kW, motor ini bisa menempuh kecepatan tertinggi 180 hingga 200 km/jam.

Motor yang sepenuhnya rakitan anak bangsa itu dijual mulai dari harga Rp140 jutaan untuk tipe Basic. Konsumen juga dapat meminta ubahan khusus mulai dari warna bodi, jok, roda, baterai, hingga rem.

5. BF Goodrich

Dikenal sebagai pabrik pembuat ban, BF Goodrich juga bermain di segmen motor listrik dengan gaya berbeda. Mereka menciptakan motor dengan desain-desain yang unik, salah satunya BF-CG yang tampil dengan gaya cafe racer.

BF Goodrich BF-CG memiliki keunikan dengan menempatkan tangki agar tak menghilangkan kesan klasik. Bentuk motor listrik dan tempat penyimpanan baterai juga dibuat seperti mesin motor besar.

Meski terlihat gahar, motor ini hanya mampu melaju dengan kecepatan maksimal 58 km/jam dengan jarak tempuh 60 km. BF Goodrich BF-CG dipasarkan dengan harga Rp18 jutaan.

6. Polytron

Dikenal sebagai produsen elektronik, Polytron juga mulai merambah pasar motor listrik dengan mengeluarkan Polytron EVO. Tampil dengan desain skuter, motor ini memiliki desain yang cukup menarik.

Motor listrik ini menggunakan baterai Lithium-ion seperti skuter listrik pada umumnya. Namun, jarak tempuhnya diklaim bisa mencapai 200 km dengan dua baterai. Sementara kecepatan maksimalnya hanya 60 km/jam.

Dilengkapi lampu full LED, Smart Ket System, dan full digital parameter, Polytron EVO dijual dengan harga Rp28 juta on the road Jakarta, Tangerang, Kudus, dan Semarang.

7. United Motor

United Motor juga ikut meramaikan industri otomotif motor listrik dengan mengeluarkan produk andalannya T1800. Motor skuter ini memiliki desain sporty dan sekilas mirip Yamaha NMax.

United T1800 memiliki tiga mode ditambah satu kecepatan turbo, yang mana kecepatan tertingginya bisa mencapai 70 km/jam. Untuk menambah kesan mewah, motor listrik ini juga dilengkapi Racing Sound Mode sehingga perjalanan menjadi tak sunyi.

Motor listrik juga dilengkapi bagasi luas untuk menyimpan baterai cadangan, serta memiliki gigi mundur. United T1800 dibanderol Rp28,5 juta on the road Jakarta.

Kehadiran motor listrik buatan Indonesia ini menandakan kesiapan Indonesia untuk beralih ke kendaraan lebih ramah lingkungan. Tersedianya, SPKLU dan penukaran baterai semakin menarik masyarakat beralih ke motor listrik.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul 7 Motor Listrik Keren Buatan Indonesia dari Model Skuter hingga Moge, Ada Mirip Ducati

Topik Menarik