Agar Semangat Kerja, Yuk Atur Barang di Meja Kantor dengan Cara Jepang!

Agar Semangat Kerja, Yuk Atur Barang di Meja Kantor dengan Cara Jepang!

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 15 September 2022 - 05:31
share

JAKARTA - Semangat bekerja sangatlah diperlukan untuk dapat meningkatkan kinerja di kantor. Namun, banyak hal yang dapat mengganggu semangat para pekerja, salah satunya kerapian meja kerja.

Mungkin kerapian meja kantor sering dianggap kecil dan dibiarkan begitu saja. Akan tetapi, hal ini dapat mengganggu semangat kerja, terutama melihat berantakannya meja kantor kita.

Maka dari itu, bila kurang semangat bekerja, mulailah dari merapikan meja kerja kita. Salah satu yang bisa diterapkan adalah kerapian dan kedisiplinan masyarakat Jepang.

Di Jepang yang terkenal akan kedisiplinannya, merapikan barang juga menjadi salah satu seni agar mereka semakin produktif menjalani rutinitas. Oleh sebab itu, berikut metode Jepang untuk merapikan meja kantor:

1. Seiri (Ringkas)

Seiri artinya ringkas. Anda bisa memilih barang mana saja yang sudah tidak terpakai lalu buang atau masukan ke tempat terpisah agar meja kerja anda jadi lebih ringkas.

2. Seiton (Rapi)

Supaya tidak bingung saat mencari barang-barang yang dibutuhkan, anda bisa menyusun ulang kembali barang-barang anda. Jika memungkinkan, susun sesuai warna atau kategori.

3. Seiso (Resik)

Bersihkan secara rutin barang yang sudah ditata. Dengan begitu, barang anda bisa lebih awet dan selalu terlihat baru.

4. Seiketsu (Rawat)

Kebiasaan seperti mengambil barang kemudian tidak dirapikan lagi harus dikurangi. Mulai sekarang anda bisa mengambil sesuai kebutuhan, bila sudah selesai simpan kembali ke tempatnya.

5. Shitsuke (Rajin)

Jika anda sudah melakukan cara-cara sebelumnya secara rutin, maka hal tersebut akan memberikan dampak yang positif. Anda dapat merasakan suasana kerja yang lebih nyaman, teratur dan tetap konsisten mempertahankan semangat dalam bekerja.

Topik Menarik