Loading...
Loading…
Berikut Daftar Ikan Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol dan Asam Urat

Berikut Daftar Ikan Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol dan Asam Urat

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | iNewsCirebon | Senin, 12 September 2022 - 16:17

JAKARTA, iNews.id - Penderita kolesterol diperbolehkan mengkonsumsi beberapa jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kolesterol tinggi .

Namun ada jenis ikan tertentu dapat memperburuk gejala asam urat. Ini karena kandungan purin yang tinggi. Ikan yang tidak termasuk dalam kategori purin tinggi mengandung senyawa purin dalam jumlah sedang, dengan 50 hingga 150 miligram purin dalam setiap 100 gram. Sedangkan penderita kolesterol sangat dianjurkan mengonsumsi ikan berminyak yang penuh dengan asam lemak omega-3. Ini merupakan lemak baik, tidak seperti lemak jenuh yang ditemukan di sebagian besar daging. Ikan ini harus menjadi makanan pokok semua orang lantaran menyehatkan jantung. Satu hal penting yang perlu diingat adalah cara Anda menyiapkan ikan hampir sama pentingnya dengan jenis ikan yang dimakan. Berikut daftar ikan yang boleh dimakan penderita kolesterol dan asam urat dilansir dari berbagai sumber, Senin (12/9/2022).

1. Salmon

Salmon adalah makanan laut yang ramah asam urat, maka sangat sehat untuk dimakan bagi orang yang hidup dengan asam urat. Itu karena manfaat penting seperti asam lemak omega 3, protein tanpa lemak, dan jumlah purin yang rendah. Oleh karena itu, mengonsumsi salmon meminimalkan risiko terkena asam urat. Salmon kaya akan asam lemak omega 3 yang menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan ini juga bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

2. Sarden

Konsumsi ikan sarden bisa meningkatkan kolesterol baik. Ikan berlemak, seperti sarden, mengandung jenis asam lemak omega-3 esensial yang dikenal sebagai asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Namun, pendetia asam urat harus mengurangi makan sarden. Meski terasa enak, ikan jenis ini mengandung purin tinggi. Tak tanggung-tanggung, sarden kalengan memiliki 480 miligram purin per 100 gram.

3. Tuna

Ikan tuna tidak menurunkan kolesterol jahat secara langsung. Hanya saja, ikan ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan trigliserida yang meningkatkan rasio dan pada akhirnya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Tuna kalengan mengandung senyawa purin dalam jumlah sedang yakni 50 hingga 150 miligram purin dalam setiap 100 gram. Orang dengan asam urat bisa mengonsumsi ikan jenis ini dan memasukkannya ke dalam makanan dalam jumlah sedang.

4. Trout

Ikan trout adalah sumber protein, niasin, vitamin B12, dan asam lemak omega 3 yang sangat baik. Asam lemak omega 3 diperlukan untuk fungsi otak dengan membantu memori, kinerja, dan perilaku serta membantu pertumbuhan dan perkembangan normal.

Penelitian juga menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 mengurangi peradangan dan dapat membantu menurunkan risiko kolesterol hingga penyakit kronis seperti jantung, kanker, dan radang sendi. Penderita asam urat harus mengurangi makan ini.

5. Nila

Penelitian juga menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 mengurangi peradangan dan dapat membantu menurunkan risiko kolesterol hingga penyakit kronis seperti jantung, kanker, dan radang sendi. 5. Nila

Ikan nila mengandung rendah purin dan lemak yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol dan asam urat. Nila juga mengandung selenium yang tinggi dan dapat menangkal radikal masuk tubuh, dan mengurangi risiko penyakit terkait daya ingat seperti alzheimer. Alih-alih menggoreng ikan, cobalah memanggang, atau merebus fillet segar dengan sedikit tambahan lemak tak jenuh tunggal atau tak jenuh ganda seperti minyak zaitun atau minyak canola. Untuk menjaga asupan natrium Anda rendah, bumbui ikan dengan rempah-rempah atau jeruk nipis segar atau jus lemon, bukan garam atau campuran bumbu natrium tinggi.

Original Source

Topik Menarik