Simak Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Kesehatan Tubuh! Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

Simak Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Kesehatan Tubuh! Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 10 September 2022 - 13:16
share

JAKARTA, iNewsKarawang.id Air kelapa hijau memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Air kelapa hijau merupakan minuman sehat yang berasal dari buah tropis dan memiliki konsentrasi elektrolit, vitamin, dan mineralnya yang tinggi.

Meski memiliki banyak manfaat untuk tubuh, mengonsumsi secara berlebihan air kelapa hijau dapat menyebabkan efek samping. Lantas, apa saja manfaat air kelapa hijau?

1. Mengandung banyak nutrisi

Air dan daging kelapa hijau yang empuk mengandung banyak elektrolit dan zat gizi mikro. Saat kelapa matang dan berubah dari sebagian besar air menjadi sebagian besar daging, kandungan nutrisinya sangat berubah. Menurut Food Data Central, air kelapa hijau tidak mengandung lemak sama sekali.

2. Dapat mencegah dehidrasi

Air kelapa memiliki komposisi gula dan elektrolit yang mirip dengan larutan rehidrasi oral, sehingga dapat digunakan untuk menggantikan kehilangan cairan akibat diare ringan. Tak hanya untuk diare, banyak orang lebih suka mengonsumsi air kelapa hijau kemasan atau botol sebagai minuman rehidrasi alami.

Sebuah studi pada delapan pria yang bersepeda dalam kondisi panas selama mungkin dapat menentukan bahwa minum air kelapa hijau memungkinkan para peserta untuk berolahraga lebih lama. Tak hanya itu, konsumsi air kelapa hijau saat olahraga mampu membuat detak jantung lebih tinggi, dan mengalami lebih sedikit dehidrasi, dibandingkan dengan minuman olahraga atau air putih.

3. Menjaga kesehatan jantung

Air kelapa hijau dapat membantu memperbaiki sindrom metabolik, yang merupakan sekelompok kondisi yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Sindrom metabolik ditandai dengan tekanan darah tinggi, gula darah, trigliserida, dan kadar kolesterol jahat, serta kolesterol baik yang rendah dan lemak perut yang berlebihan.

Dalam studi yang dilakukan selama tiga minggu pada tikus dengan sindrom metabolik yang disebabkan oleh diet tinggi fruktosa, membuktikan bahwa minum air kelapa hijau meningkatkan tekanan darah, gula darah, trigliserida, dan kadar insulin.

Para peneliti juga mencatat tingkat aktivitas antioksidan yang lebih tinggi dalam tubuh tikus, yang dapat melindungi terhadap kerusakan oksidatif pada pembuluh darah.

4. Kaya akan antioksidan

Daging kelapa hijau dan airnya kaya akan senyawa fenolik. Senyawa fenolik adalah antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel.

Dalam penelitian tabung reaksi, air kelapa hijau dari salah satu varietas paling umum dari sel kelapa melindungi dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh hidrogen peroksida. Vitamin dan mikronutrien dalam kelapa hijau, seperti zinc, mangan, dan selenium, juga membantu mendukung sistem pertahanan antioksidan alami tubuh.

5. Mampu mencegah batu ginjal

Memenuhi asupan cairan penting untuk mencegah batu ginjal. Meskipun air putih adalah pilihan yang baik, menurut penelitian menunjukkan bahwa air kelapa hijau dapat lebih baik untuk pencegahan batu ginjal.

Dalam sebuah studi pada tikus dengan batu ginjal, air kelapa hijau diketahui dapat mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Meski begitu, masih perlu penelitian lebih lanjut mengenai manfaat air kelapa hijau untuk kasus yang satu ini.

6. Sumber kalsium dan magnesium

Air kelapa hijau mengandung banyak kalsium dan magnesium dibandingkan minuman olahraga atau jus buah. Kalsium dan magnesium dalam air kelapa hijau diketahui kurang dari 5 persen dari jumlah kalsium dan magnesium yang direkomendasikan. Sehingga air kelapa hijau baik untuk kekuatan tulang, gigi, dan otot.

7. Mampu menyehatkan kulit

Manfaat air kelapa hijau juga dapat membantu menyehatkan kulit dan mengatasi jerawat. Sebab air kelapa hijau bersifat antimikroba. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi air kelapa hijau dapat membantu sistem antioksidan dengan menetralkan efek radikal bebas.

Efek Samping Air Kelapa Hijau

Berikut ini efek samping dari konsumsi air kelapa hijau untuk tubuh yang tak banyak orang tahu.

1. Penderita Tekanan Darah Tinggi

Air kelapa hijau diketahui dapat menurunkan tekanan darah. Meski begitu, di sisi lain juga dapat meningkatkan efek obat yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Sehingga untuk mengonsumsinya diskusikan pada dokter jika kamu memiliki masalah tekanan darah.

2. Ibu Hamil dan Menyusui

Bagi ibu hamil dan menyusui sebaiknya membatasi konsumsi air kelapa hijau. Bila perlu konsultasikan dulu dengan dokter.

3. Orang yang pasca-operasi

Air kelapa hijau juga dapat mengganggu kontrol tekanan darah selama dan setelah operasi. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari konsumsi air kelapa hijau pascaoperasi.

Demikian 7 manfaat air kelapa hijau dan efek sampingnya untuk tubuh yang wajib diketahui.

Topik Menarik