Mitigasi Bencana, Penanaman Seribu Pohon di Bantaran Sungai Cipeujeuh Garut

Mitigasi Bencana, Penanaman Seribu Pohon di Bantaran Sungai Cipeujeuh Garut

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 7 September 2022 - 15:36
share

GARUT, iNews.id Bertemakan tanam sebatang pohon petik sejuta kebaikan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bhakti Negeri Bela Rakyat (BNBR) menjadi inisiator aksi penanaman 1000 Pohon dibantaran sungai Cipeujeuh Muarasanding, Garut Kota. Rabu (07/09).

Gelaran tersebut dihadiri unsur Forkopimda, Forkopimcam Garut Kota, Instansi terkait, pengusaha dan Lembaga Masyarakat umumnya secara seremonial, dilanjutkan dengan penanaman pohon dan makan bersama.

Usai pelaksanaan, Panitia pelaksana kegiatan Zaenal Sholihin yang sekaligus merupakan Ketua Umum LSM BNBR menjelaskan kegiatan tersebut merupakan langkah konkrit pihaknya bangkitkan Kesadaran lingkungan.

Kegiatan ini merupakan langkah konkrit kami dalam peran serta turut menjaga kelestarian lingkungan, menanggulangi bencana banjir sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk sadar lingkungan jelasnya.

Dalam keterangannya Zaenal juga mengaku kegiatan itu merupakan hasil swadaya pihaknya serta para aktivis lingkungan.

Kegiatan ini murni swadaya lembaga kami dengan Libas dibantu oleh unsur masyarakat setempat dan Lurah Musrasanding, pihak pemerintah dan pengusaha kabupaten Garut kedepannya diharapkan dapat memberi support Ujarnya berseloroh.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut, Jujun Juansyah menyampaikan apresiasinya.

Kami sangat apresiasi terhadap kegiatan lingkungan yang di gagas rekan rekan pegiat lingkungan, harapan kami terus berkesinambungan dengan perawatannya. Pihak kami telah berkoordinasi dengan SKPD terkait untuk pengadaan bibit yang berkualitas dan bernilai ekonomi, mudah mudahan dalam tahun ini terealisasiujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Garut Dapil I Yudha Puja Turnawan sangat mengapresiasi kegiatan yang di inisiasi LSM BNBR itu dan dirinya siap membantu berkontribusi dalam kegiatan mitigasi bencana di daerah rawan bencana banjir seperti di Bantaran Sungai yang ada di Muara Sanding ini.

Saya apresiasi inisiasi LSM BNBR dan LIBAS, yang hari ini menggelar Penanaman 1000 pohon sepanjang 2 KM, tentu kegiatan ini sangat baik bertujuan untuk menahan abrasi di bantaran sungai., ujarnya.

Dikatakan Yudha, Penanaman pohon ini dikerjakan secara swadaya, ini menjadi cerminan bagi semua untuk kedepannya bagaimana ada kebijakan yang lebih berpihak kepada lingkungan, dan yang paling Saya apresiasi juga Pohon-pohonnya nya mempunyai nilai ekonomis buat warga sekitar., pungkasnya.

Topik Menarik