Kakek 72 Tahun yang Tinggal di Gua Malang Ternyata Belajar ilmu Kesaktian

Kakek 72 Tahun yang Tinggal di Gua Malang Ternyata Belajar ilmu Kesaktian

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 7 September 2022 - 06:56
share

MALANG, iNewsMadiun.id - Fakta menarik terungkap dari hasil evakuasi kakek tua berusia 72 tahun yang tinggal di gua di Kecamatan Lawang selama 20 tahun. Kakek tua bernama Yudi ini ternyata warga Lawang yang kemudian menyendiri di dalam gua yang berada di Desa Mulyoarjo. Bastian, seorang relawan yang turut mengevakuasi menuturkan, Yudi merupakan warga Lawang yang menyendiri ke gua karena belajar ilmu kesaktian.

Kata orang dulu kayak belajar ngilmu, tinggal di gua keluarganya ditinggal, memutuskan untuk pisah anak-anaknya, mulai bayi, kata Bastian saat dihubungi wartawan pada Selasa petang (6/9/2022). Dari sanalah akhirnya keluarga - keluarganya meninggalkan Yudi dan memilih merantau.

Bahkan rumahnya tak lagi ada dan dijual karena keluarganya memilih meninggalkan Yudi di dalam gua seperti kemauannya. (Saudaranya) ada, cuma orangnya maunya tinggal di situ jadi sudah angkat tanganlah. Anak-anaknya merantau semua, nggak ada yang di Lawang, ada di Tulungagung, katanya.

Bahkan selama ini warga mengetahui keberadaan Yudi di dalam gua. Tetapi karena keinginan mendapat ilmu dengan bertapa keinginan Yudi tak bisa dicegah oleh warga sekitar. Apalagi Yudi pun dianggap tidak mengganggu kendati tinggal di gua yang aksesnya sulit dari akses jalan permukiman. (Warga sekitar) tahu memang mau gimana lagi, sudah maunya orangnya tinggal disitu. Jadi cuma bisa kasih makan, kalau lewat, orangnya kadang minta uang, lokasinya sulit, ucapnya.

Sebelum dievakuasi, awalnya Yudi ini kerap keluar gua dan berinteraksi dengan warga. Ia biasanya berjalan untuk menuju pasar atau meminta makanan dan uang kepada warga. Oleh warga sekitar pun, dia biasanya diberikan makanan. Biasanya masih bisa jalan, jadi makan terus apa masih dikasih warga-warga sekitar, kalau sering lewat masih dikasih (makanan), karena lama nggak kelihatan warga ini penasaran akhirnya dicek. Waktu masih sehat bisa jalan sering keluar, ke pasar, jalan-jalan, terus balik lagi ke gua, bebernya.

Namun saat dicek dari jauh itulah, Yudi tampak tak berdaya dan hanya tertidur saja. Bahkan aktivitas ini dia lakukan berhari-hari sehingga menimbulkan kecurigaan warga Yudi tengah menderita sakit.

Benar saja saat dicek, Yudi tak bisa lagi berjalan karena sakit dan usianya yang kian menua. Warga pun melaporkan kepada pemerintah desa setempat dan bersama - sama relawan, kepolisian, TNI, tim medis, dan dinas sosial mengevakuasi yang bersangkutan pada Kamis (1/9/2022). Proses evakuasi pun berjalan dramatis, curamnya medan menuju gua membuat tim membutuhkan waktu 30 menit lebih mengevakuasi Yudi.

Ya aslinya dekat dari jalan, cuma turunnya curam, jalannya nggak berbentuk jadi sulit. Kurang lebih evakuasi setengah jam. Dibawa ke Griya Lansia Wajak semacam panti jompo, tukasnya. Sebelumnya diberitakan tim gabungan dan Polsek Lawang Polres Malang mengevakuasi kakek tua dari dalam gua karena tak bisa jalan dan tengah sakit.

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat mengungkapkan, kakek tua berusia 72 tahun ini telah dievakuasi pada Kamis 1 September 2022 dan kini tengah menjalani perawatan di Griya Lansia Wajak, Kabupaten Malang. Pada pukul 09.00 kami tim gabungan relawan berangkat dari Mapolsek ke tempat Bapak Yudi yang kabarnya sedang dalam keadaan sakit, ucap Ferli Hidayat.

Topik Menarik