Loading...
Loading…
Inilah Kelas Angkutan Bus, Ada yang Seharga Naik Pesawat dengan Pelayanan Prima

Inilah Kelas Angkutan Bus, Ada yang Seharga Naik Pesawat dengan Pelayanan Prima

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | iNewsPurwokerto | Senin, 05 September 2022 - 10:36

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Hingga kini, angkutan bus masih menjadi pilihan bagi masyarakat di tanah air. Tidak hanya di Jawa saja, melainkan di seluruh wilayah Indonesia. Ternyata, bus memiliki kelas dalam layanan.

Ada beragam layanan bus yang tersedia. Mulai dari kelas ekonomi, patas, eksekusif, super eksekusif hingga sleeper. Penumpang bisa memili sesuai dengan ketersediaan layanan bus di jalur tersebut. Bahkan, di kelas paling atas, harganya sama dengan naik pesawat.

Lalu, apa sebetulnya perbedaan kelas-kelas dalam bus. Tentu saja adalah pelayanan dan fasilitas yang membedakan. Berikut paparannya yang dikutip dari iNews.id :

1. Kelas Ekonomi

Kelas ekonomi memberikan kualitas layanan paling rendah di antara kelas bus yang lainnya. Bus ekonomi sendiri terbagi lagi menjadi dua, yaitu ekonomi tanpa AC dan ekonomi AC.

Bus kelas ekonomi melayani trayek jarak pendek atau sedang. Struktur kursinya 3-2, yakni tiga kursi di sebelah kanan dan dua kursi di sebelah kiri.

Pembayaran tiket biasanya dilakukan di atas bus. Selain di terminal, mereka juga menarik dan menurunkan penumpang di jalan.

Jangan heran, jika sedang ramai bus ini berjubel hingga berdiri. Tiket bus ekonomi harganya berkisar Rp 25.000- Rp200.000 tergantung jarak.

2. Kelas Patas

Bus Patas merupakan layanan bus yang kelasnya di atas ekonomi. Hampir semua bus patas sudah dilengkapi AC. Konfigurasi kursi biasanya 2-2, yakni dua di kiri dan 2 di kanan. Kelas bus patas jelas lebih nyaman karena tidak sesak jika dibandingkan dengan kelas ekonomi. Tiket bus patas harganya berkisar Rp50.000 - Rp300.000 tergantung jarak.

3. Kelas Eksekusif

Bus kelas eksekusif memberikan fasilitas yang lebih baik kalau dibandingkan dengan dua kelas bus sebelumnya.

Para penumpang mendapatkan fasilitas AC, bantal, selimut, toilet, dan sebagainya. Konfigurasi kursi bus eksekutif biasanya mirip dengan patas, yaitu 2-2.

Tetapi kapasitas penumpang lebih sedikit, ini karena jarak antar kursinya lebih lebar sehingga posisi duduk penumpang lega.

Bus jenis ini tidak boleh menaikkan penumpang di jalan. penumpang bisa beli tiket secara online, naik bus di pool/agen atau terminal. Tiket bus eksekutif harganya berkisar Rp100.000 sampai Rp350.000 tergantung jarak.

4. Kelas Super Eksekusif

Untuk bus kelas super eksekutif, pelayanan yang diberikan bus super eksekutif satu tingkat berada di atas kelas eksekusif.

Mulai dari AC, kursi lebar, legrest, lampu baca, bantal, selimut, makan, snack, dan lain-lain.

Konfigurasi kursinya biasanya 2-1, yakni dua di kanan dan satu di kiri. Konfigurasi ini membuat kursi bus super eksekutif lebih lebar ketimbang bus eksekutif. Kapasitas umumnya 21 kursi, namun ada juga yang hanya 18 kursi. Bus tersebut di antaranya memiliki layanan pramugari seperti PO Rosalia Indah. Tiket bus super eksekutif harganya berkisar Rp125.000 - Rp450.000 tergantung jarak.

5. Kelas Sleeper

Kelas sleeper bus posisinya berada di paling puncak dalam angkutan bus. Ini karena memang fasilitas yang ditawarkan bisa dibilang sangat mewah, mencakup AC, bantal, kasur, selimut, makanan, toilet, smoking area, TV, hingga pramugari.

Kondisi bus sleeper memang memungkinkan para penumpang menikmati perjalanan dalam posisi rebahan. Sehingga tidak perlu khawatir badan pegal-pegal karena posisinya sangatlah nyaman.

Sleeper bus memiliki konfigurasi kursi 1-1 dengan posisinya dibuat bertingkat. Ini agar kapasitas penumpangnya bisa dimaksimalkan hingga mampu memuat 22 penumpang Tiket bus sleeper harganya berkisar Rp350.000 sampai Rp750.000 tergantung jarak dan fasilitas. Tetapi kalau fasilitasnya seperti di hotel, maka harga tiketnya dapat mencapai Rp1 juta.

Demikianlah kelas-kelas bus yang melayani transportasi di Indonesia. Bisa memilih kelas ekonomi, patas, eksekutif, super eksekutif hingga slepper. Tinggal menyesuaikan kebutuhan dan tentu saja kocek sendiri.

Original Source

Topik Menarik