Loading...
Loading…
4 Penyakit yang Rawan Menyerang saat Musim Pancaroba, Wajib Siaga Nih, Moms!

4 Penyakit yang Rawan Menyerang saat Musim Pancaroba, Wajib Siaga Nih, Moms!

Gaya Hidup | herstory | Senin, 05 September 2022 - 10:05

Musim pancaroba merupakan peralihan dari satu musim ke musim yang lainnya. Nah, ternyata Moms wajib waspada sebab tubuh sangat rentan terserang penyakit pada masa ini.

Pada saat peralihan musim, tubuh harus beradaptasi dengan kondisi atau cuaca yang baru. Saat inilah daya tahan tubuh diuji sebab virus cenderung mudah menyerang khususnya bagi pemilik sistem imun yang lemah.

Ada beberapa penyakit yang rentan terjadi saat musim pancaroba? Kira-kira apa saja, ya? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini, Moms.

1. Batuk pilek

Penyakit yang sering diderita saat musim pancaroba adalah batuk pilek. Pasalnya, virus influenza dan rhinovirus semakin bertambah pada saat peralihan musim.

Batuk pilek biasanya ditandai dengan gejala batuk, hidung meler dan tersumbat, bersin, meriang, serta demam. Pastikan untuk selalu mengenakan masker agar virus tak menular ke orang lain, ya.

2. Nyeri sendi

Penurunan tekanan udara ternyata dapat menyebabkan nyeri sendi. Hal ini terjadi sebab cuaca atau suhu yang dingin menyebabkan pembengkakan jaringan di sekitar sendi. Kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit di area persendian.

3. Asma

Penyakit selanjutnya yang sering jadi keluhan saat musim pancaroba adalah asma. Penyakit ini kambuh ketika saluran udara mengalami peradangan.

K etika suhu sekitar rendah, udara dingin yang masuk ke saluran udara juga menjadi lebih dingin. Saluran udara akan bereaksi terhadap udara dingin ini dan terjadi peradangan.

4. Demam berdarah

Penyakit selanjutnya yang banyak terjadi saat musim pancaroba adalah demam berdarah. Hal ini terjadi sebab memasuki musim hujan, lingkungan menjadi lebih lembab dan genangan air terjadi di mana-mana.

Kondisi ini adalah tempat ideal bagi nyamuk Aedes untuk berkembang biak. Akibatnya, kasus DBD juga meningkat pada musim pancaroba

Itu dia beberapa penyakit yang terjadi pada musim pancaroba. Untuk menghindarinya, jagalah kondisi tubuh dengan cara memenuhi asupan harian, mengonsumsi vitamin yang cukup, dan mengenakan pakaian yang hangat jika sedang musim dingin atau hujan.

Original Source

Topik Menarik