Loading...
Loading…
Tips Merawat Motor Tua Agar Mesin Tetap Awet

Tips Merawat Motor Tua Agar Mesin Tetap Awet

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | iNewsBatu | Minggu, 04 September 2022 - 11:56

BATU, iNews.id - Motor lawas memang harus diperlakukan beda dari motor keluaran terbaru dalam hal perawatan.

Komponen yang sudah termakan usia dan penggunaan teknologi yang sangat konvensional membuat motor tua perlu perhatian khusus.

Perawatan yang harus dilakukan juga tidak sembarangan. Jika ada komponen yang rusak tentu saja akan sulit untuk mencari penggantinya, dan jika ada pasti harganya juga mahal.

Untuk itu perawatan yang maksimal akan membuat motor tua bisa lebih awet dan berumur lebih panjang lagi.

Tips untuk merawat motor tua agar motor selalu dalam keadaan yang bagus dan tetap terawat dengan baik.

Tips Merawat Motor Tua

1. Pemakaian

Dalam hal pemakaian, motor yang sudah berumur berbeda dengan pemakaian motor baru. Dengan komponen yang sudah tua harus dipakai dengan cara yang hati-hati dan tidak memaksakan motor itu sendiri.

2. Cek oli

Jangan lupa untuk cek oli dalam jangka waktu tertentu karena motor tua kebanyakan tidak memiliki sistem pendingin.

Untuk penggantian oli tergantung kebutuhan dari motornya, ada yang sebulan sekali, tiga bulan sekali, atau yang enam bulan sekali.

3. Pengapian

Cek bagian pengapian. Motor lama kebanyakan menggunakan sistem platina dalam sistem pengapiannya dan perlu perhatian khusus agar pengapian bisa terus lancar.

4. Dipanaskan

Sebisa mungkin dipanaskan atau dipakai setiap hari. Dengan dipakai setiap hari otomatis mesin akan bekerja rutin sehingga tidak menimbulkan kemacetan mesin dan dapat berjalan lebih lancar.

5. Cek kalau mau dipakai jarak jauh

Kalau akan dipakai dalam jarak yang cukup jauh pastikan keadaan kendaraan dalam kondisi baik. Cek segala macam yang berhubungan dengan mesin dan pengapian.

Cek juga saluran oli dan saluran bensin agar tidak ada masalah di jalan. Karena kalau ada masalah di jalan tidak semua orang paham tentang motor antik.

6. Kuras

Kalau motor itu akan disimpan sebagai koleksi dalam jangka waktu yang lama sebaiknya dikuras semua yang berhubungan dengan cairan.

Yang perlu dikosongkan antara lain tangki bahan bakar dan juga oli mesin. Karena cairan cairan itu kalau tidak digunakan akan mengendap di bawah dan akan menjadikan masalah jika dinyalakan kembali.

Original Source

Topik Menarik