Loading...
Loading…
Tak Hanya Manis Alami, Madu Suar Khas Desa Mayang Banyak Khasiat Kesehatan

Tak Hanya Manis Alami, Madu Suar Khas Desa Mayang Banyak Khasiat Kesehatan

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Lintasbabel | Minggu, 04 September 2022 - 10:36

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Nama Madu Suar memang belum setenar dengan jenis madu Bangka Belitung lainnya seperti Kelulut dan Pelawan. Namun, khasiat yang dimiliki oleh madu yang berasal dari hutan Desa Mayang, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat ini cukup beragam.

Menurut Rian Aquria, salah satu perternak di Desa Mayang menyampaikan khasiat Madu ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan seksualitas pasangan suami istri, dan mengobati luka ringan.

Khasiatnya untuk menambah kekebalan tubuh, terus bisa juga untuk menambah hormon untuk hubungan suami istri. Terus masyarakat disini jugak Madu Suar yang warnanya agak hitam itu bisa untuk obat luar atau misalkan ada goresan di badan bisa di oles, kata Rian Aquria, Minggu (4/9/2022).

Warga setempat biasanya memanen Madu Suar pada saat musim bunga kayu Mesirak sedang berkembang. Dalam setahun, mereka bisa memanen sebanyak tiga kali.

Namun, sebelum melakukan proses panen warga biasanya melakukan ritual do\'a terlebih dahulu agar mendapatkan hasil madu yang baik

Kendala untuk panen, ya cuaca kalo hujan itu bunga kayu untuk itu tawar, jadi mempengaruhi rasa madu itu sendiri. Terus hutannya juga susah, jadi madunya ikut susah, ucapnya.

Karena memiliki kadar air yang lebih sedikit, Madu Suar memiliki rasa yang manis alami. Sangat pas dipadukan dengan makanan roti atapun minuman teh.


Madu suar asal Bangka Barat (foto : lintasbabel.id/ Rizki Ramadhani)

Madu ini ialah madu yang kita pasang kayu, madu suar ini sudah tradisi kita disini biar madunya hingga di kayu. Kalau rasa tergantung kayu yang ada di sekitarnya, kebetulan yang kita panen ini madu manis. Kalau disini dicampur dengan kuning telur, roti bisa, minuman kaya teh juga bisa, ujarnya.

Oleh Rian, Madu Suar dijual dengan harga Rp. 100 ribuan per satu botol berukuran 460 mililiter. Dirinya mengatakan kebanyakan peminat langsung datang ke rumahnya untuk membeli Madu Suar.

Kalo dapat banyak kita jual, kalau jualannya hanya untuk di sekitar Desa saja kalau untuk jual keluar kita tidak bisa, karena stoknya tidak banyak. Per botol itu 100 ribu, tuturnya.

Sementara, Irma (35) ibu rumah tangga ini mengaku rutin mengkonsumsi Madu Suar untuk alasan menjaga kesehatan tubuh.

Konsumsi sering, tiga kali sehari untuk rasanya manis alami. Karena sering konsumsi tadi, sehat alhamdulillah jarang sakit. Konsumsi biasanya dicampur dengan kuning telur, kata Irma.

Original Source

Topik Menarik