Loading...
Loading…
Pendiri Nippon Paint Goh Cheng Liang, Konglomerat yang Dulunya Miskin dan Hanya Lulusan SD

Pendiri Nippon Paint Goh Cheng Liang, Konglomerat yang Dulunya Miskin dan Hanya Lulusan SD

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | iNewsPalembang | Minggu, 04 September 2022 - 07:56

SINGAPURA, iNewspalembang.id Bila ingin mewarnai rumah dan memilih cat, maka dalam pikiran anda mungkin akan memilih produk cat dinding dari Nippon Paint.

Namun tak banyak yang tahu, siapa sebenarnya sosok yang menciptakan cat yang punya kualitas itu hingga menjadi cat cat terbesar keempat di dunia.

Nah, sosok tersebut Bernama Goh Cheng Liang. Tetapi sebelum menjadi konglomerat berkat Nippon Paint seperti sekarang ini, dia menjalani hidup yang penuh liku.

Jika dilihat sebagian besar kekayaannya, Goh Cheng Liang memiliki saham mayoritas di Kippon Paint Holding Jepang. Berdasarkan data Forbes, kekayaannya saat ini sebesar 12,4 miliar dolar AS atau setara Rp184,66 triliun. Goh merupakan orang terkaya ke-149 di dunia, sedangkan pada tahun lalu, dia berada di peringkat ke-3 orang terkaya di Singapura versi Forbes.

Dibalik keberhasilnya setelah gagah menjadi konglomerat, ternyata Goh adalah salah satu konglomerat yang terlahir dari keluarga miskin. Karena miskinnya, pria kelahiran 1928 ini harus tinggal bersama dengan keluarganya sebanyak tujuh orang di sebuah kamar sewaan di ruko dengan biaya 3 dolar AS per bulan.

Karena kondisi keluarganya juga, saat dia berumur 12 tahun setelah lulus Sekolah Dasar, Goh pun memutuskan mendirikan sebuah bisnis air soda. Sayangnya, bisnis tersebut gagal. Kemudian dia bekerja di sebuah toko perangkat keras. Di sana dia mendapat promosi dan menjadi salesman.

Pada 1949, Goh bertemu dengan orang Inggris yang melelang cat-catnya yang sudah tak layak pakai. Dia membeli beberapa barel cat tersebut untuk bereksperimen. Eksperimennya berhasil dan cat-cat tersebut bisa digunakan kembali.

Kemudian Goh mendirikan perusahaan catnya sendiri, yang diberi nama Pigeon Paint. Tahun berikutnya, bisnisnya melejit karena kebijakan pemerintah yang membatasi produk impor, termasuk cat karena perang Korea. Sejak itu, bisnisnya terus berkembang.

Pada 1959, Nippon Paint Holdings Jepang mengajak Goh bekerja sama. Perusahaannya ditunjuk sebagai distributor cat Nippon Paint. Selanjutnya, dia mendirikan Nippon Paint South East Asia Group (Nipsea Group).

Nipsea berkembang menjadi salah satu produsen cat terbesar di Asia, dengan beberapa cabang yang tersebar di China, Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Tahun lalu, putranya, Hup Jin, yang saat ini memimpin Nippon Paint, menyelesaikan kesepakatan saham dan uang tunai senilai 12 miliar dolar AS, yang memberinya saham mayoritas di Nippon.





Original Source

Topik Menarik