7 Deretan Sayuran yang Cocok Dikonsumsi Para Penderita Diabetes

7 Deretan Sayuran yang Cocok Dikonsumsi Para Penderita Diabetes

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 31 Agustus 2022 - 19:43
share

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Artikel ini akan membahas mengenai sayuran yang cocok dikonsumsi para penderita diabetes. Bagi para penderita diabetes tentunya harus mengatur pola makan sehat agar gula darahnya tetap stabil.

Ada beberapa faktor seperti berat badan, aktivitas, tingkat stres, dan genetika yang dapat mempengaruhi gula darah. Sementara itu, makanan dengan pemanis dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan gula darah pada tubuh.

Namun jangan khawatir, ada beberapa sayuran yang baik dikonsumsi untuk menurunkan gula darah. Okezone sudah rangkumkan dari Healthline, Rabu (31/8/2022).

1. Brokoli

Salah satu sayuran yang dapat menurunkan gula darah adalah brokoli. Dalam brokoli terdapat sumber glukosinolat yang dapat meningkatkan sesitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2.

2. Makanan laut

Makanan laut termasuk ikan dan kerang ternyata menawarkan sumber protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang berharga dalam membantu mengatur kadar gula darah. Protein sangat penting untuk mengontrol gula darah. Ini membantu memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan, serta meningkatkan perasaan kenyang.

3. Labu

Labu adalah pilihan tepat untuk pengaturan gula darah, faktanya labu digunakan sebagai obat diabetes tradisional di banyak negara seperti Meksiko dan Iran. Labu kaya akan karbohidrat yang disebut polisakarida, yang telah dipelajari potensinya dalam mengatur gula darah.

4. Kacang dan selai kacang

Penelitian telah menunjukkan bahwa memakan kacang mungkin merupakan cara yang efektif untuk membantu mengatur kadar gula darah. Sebuah penelitian pada 25 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang tanah dan almond sepanjang hari dapat mengurangi kadar gula darah.

5. Okra

Okra adalah buah yang biasa dimanfaatkan seperti sayuran. Sayuran ini adalah sumber yang kaya senyawa penurun gula darah seperti polisakarida dan antioksidan flavonoid.

6. Kimchi

Makanan fermentasi seperti kimchi dikemas dengan senyawa yang meningkatkan kesehatan, termasuk probiotik, mineral, dan antioksidan, dan memakannya telah dikaitkan dengan peningkatan gula darah dan sensitivitas insulin.

7. Biji chia

Makan biji chia dapat membantu mengontrol gula darah. Penelitian telah mengaitkan konsumsi biji chia dengan penurunan kadar gula darah dan peningkatan sensitivitas insulin. Sebuah penelitian pada 15 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa peserta yang menerima 1 ons (25 gram) biji chia tanah bersama dengan 2 ons (50 gram) larutan gula mengalami penurunan kadar gula darah sebesar 39%, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsinya.

Topik Menarik