Jenderal Andika Perkasa Pantau Kesiapan Pasukan Bersenjata Lengkap di Tembagapura Papua

Jenderal Andika Perkasa Pantau Kesiapan Pasukan Bersenjata Lengkap di Tembagapura Papua

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 30 Agustus 2022 - 19:22
share

TEMBAGAPURA Pasukan TNI-Polri bersenjata lengkap mulai melakukan penjagaan ketat di area operasional tambang emas terbesar di dunia, Tembagapura , Papua, menjelang kedatangan Presiden RI Joko Widodo .

Pasukan keamanan dari Polri dan TNI meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam pengamanan kunjungan orang nomor satu Republik Indonesia tersebut yang direncakan tiba di Tembagapura, Kamis (1/9/2022) mendatang.

Dari pantauan MPI, terlihat aparat keamanan dari TNI dan Polri melakukan pengamanan ketat di wilayah distrik Tembagapura, Timika Papua sejak Selasa pagi hingga sore hari waktu setempat. Pengamanan mulai dilakukan dari jalur tambang, kota tembagapura dan sekitarnya.

Selain itu, para personil juga ditempatkan di pos pos pengamanan TNI Polri yang sudah ditentukan.

Pengamanan ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan dari Kelompok Kriminal Bersenjata atau Kelompok Separatis Teroris saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di wilayah itu.

Bahkan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa telah tiba di Tembagapura, Selasa (30/8/2022), demi memastikan kesiapan pengamanan pasukan gabungan TNI dan Polri.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa juga turun langsung ke lapangan untuk mengecek kesiapan para prajurit untuk melakukan pengamanan secara ketat sebelum Presiden melakukan kunjungan kerja.

Informasi yang diterima MPI, kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Tembagapura akan mengecek pos pos satgas TNI Polri di sepanjang jalur Timika- tembagapura.

Selain itu juga, presiden akan berkunjung di area tambang PT.Freeport Indonesia dan Sport Hall Tembagapura untuk melihat dari dekat operasional tambang dan berencana bertemu dengan sejumlah karyawan PT. Freeport Indonesia.

Sebelumnya, Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring menyebutkan, sebanyak 3.408 personel gabungan TNI-Polri dan Pemda siap mengamankan kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Kabupaten Jayapura.

Hal tersebut disampaikan oleh Danrem usai memimpin apel gelar pasukan pengamanan Kunker Presiden RI, di Kompleks Stadion Lukas Enembe, Senin (29/8/2022).

Kita yakinkan kesiapan pasukan dan semua unsur terkait dalam pengamanan VVIP ini akan dilaksanakan secara maksimal. Keterlibatan 3.408 Personil gabungan ini kita pastikan cukup, namun apabila masih diperlukan penambahan sesuai dengan permintaan dari paspampres, kita akan menambah personel, ungkapnya.

(nic)

Topik Menarik