Sembuhkan Pilek dengan Cara Alami Ini, Dijamin Ampuh !

Sembuhkan Pilek dengan Cara Alami Ini, Dijamin Ampuh !

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 30 Agustus 2022 - 06:05
share

BUKAMATA Pilek adalah kondisi gangguan pada saluran pernapasan yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman.

Pilek bahkan bisa mengganggu kelancaran aktivitas sehari-hari. Pilek disebabkan oleh produksi lendir yang berlebihan di saluran hidung.

Hal ini menyebabkan sekresi encer yang menetes dari hidung dan terkadang juga menetes ke bagian belakang tenggorokan. Pilek dapat terjadi dengan atau tanpa hidung tersumbat.

Penyebab pilek sendiri terdiri dari beberapa macam. Yang paling umum adalah infeksi virus pada sinus, di mana kondisi ini biasanya menyebabkan flu biasa.

Dalam kasus lain, pilek juga dapat disebabkan oleh cuaca dingin, alergi, sinusitis, dan lainnya.

Pilek dapat Anda atasi dengan mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di apotek, atau dengan obat dari resep dokter. Namun, ada juga cara mengobati pilek secara ampuh dan efektif yang dapat Anda lakukan sendiri.

Berikut caranya:

1. Perbanyak Konsumsi Cairan

Cara mengobati pilek ala rumahan yang pertama adalah dengan memperbanyak konsumsi cairan. Tetap terhidrasi saat berhadapan dengan pilek dapat membantu mengatasi kondisi ini.

Asupan cairan memastikan bahwa lendir di sinus Anda menipis hingga konsistensi berair dan mudah untuk dikeluarkan.

Karena jika tidak, lendir dapat mengental dan lengket, yang bisa membuat hidung Anda menjadi lebih tersumbat. Hindari juga konsumsi minuman yang membuat dehidrasi seperti kopi dan minuman yang mengandung alkohol.

2. Konsumsi Teh Panas

Cara mengobati pilek yang kedua adalah dengan mengonsumi teh panas. Minuman panas seperti teh lebih bermanfaat daripada minuman dingin untuk mengatasi masalah di saluran pernapasan. Ini karena panas dan uapnya membantu membuka dan melemaskan saluran udara.

Teh herbal tertentu juga memiliki kandungan yang bersifat dekongestan ringan.

Carilah teh yang mengandung herbal anti-inflamasi dan antihistamin, seperti chamomile, jahe, mint, atau jelatang. Sakit tenggorokan seringkali juga menyertai pilek.

Meminum teh herbal panas dapat membantu meredakan sakit tenggorokan ini.

3. Gunakan Humidifier

Cara mengobati pilek yang ketiga adalah dengan menggunakan humidifier. Menurut penelitian, menghirup uap hangat dari humidifier atau pelembap udara secara signifikan dapat meningkatkan penumpukan lendir yang disebabkan oleh rinitis alergi.

Humidifier bekerja dengan mengubah air menjadi uap untuk melembabkan udara yang kering. Saat Anda menghirup kelembapannya, ini dapat membantu mengencerkan dan mengeluarkan lendir serta menenangkan sinus yang teriritasi.

4. Lakukan Uap Wajah

Cara mengobati pilek yang ke empat adalah dengan melakukan uap wajah. Seperti halnya menggunakan humidifier atau mengonsumsi secangkir teh panas, melakukan uap wajah dapat membantu melonggarkan lendir dan meredakan pilek Anda.

Berikut cara melakukannya:

- Panaskan air dalam panci bersih di atas kompor, secukupnya saja hingga terbentuk uap JANGAN biarkan mendidih.

- Tempatkan wajah Anda sekitar 8 hingga 12 inci di atas uap selama sekitar 5 menit setiap kali. Jangan biarkan wajah menyentuh air. Tutup mata Anda dan ambil napas dalam-dalam melalui hidung. Beristirahatlah jika wajah Anda menjadi terlalu panas.

- Tiup hidung sesudahnya untuk menghilangkan lendir.

- Ulangi prosesnya 2 atau 3 kali sehari jika Anda masih memiliki gejala.

Jika mau, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial dekongestan ke air uap wajah Anda. Eucalyptus, peppermint, pinus, rosemary, sage, spearmint, tea tree (melaleuca), dan minyak esensial thyme adalah pilihan yang baik. Senyawa dalam tanaman ini (seperti mentol dan timol) juga ditemukan di banyak dekongestan yang dijual bebas.

5. Mandi Air Panas

Cara mengobati pilek yang kelima adalah dengan mandi air panas. Sama seperti humidifier dan uap wajah, uap dari mandi air panas dapat membantu meringankan kondisi pilek dan tersumbat.

Tempatkan wajah dan sinus Anda langsung di uap atau gunakan shower pancuran untuk efek yang lebih maksimal.

6.Kompres Hangat

Cara mengobati pilek yang selanjutnya adalah dengan melakukan kompres air hangat. Menerapkan kompres air hangat atau waslap ke dahi dan hidung beberapa kali sehari dapat membantu meredakan pilek dan meredakan tekanan sinus.

Kompres hangat bekerja dengan meningkatkan sirkulasi darah di daerah sinus Anda. Kain lap atau kompres basah dapat membantu meredakan hidung tersumbat dengan menambahkan kelembapan ke udara yang Anda hirup.

Topik Menarik