Bina Wirausahawan, Alumni FEB Manajemen Universitas Trisakti Gandeng 2 Lembaga Ini

Bina Wirausahawan, Alumni FEB Manajemen Universitas Trisakti Gandeng 2 Lembaga Ini

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 28 Agustus 2022 - 21:11
share

JAKARTA Ikatan Alumni FEB Manajemen Universitas Trisakti memprakarsai kemitraan strategis dengan Monroe Consulting Group (perusahaan rekrutmen yang mendapat pengakuan internasional) dan Wiranesia (sebuah organisasi think tank, ekosistem, dan platform UMKM terkemuka di Indonesia). Kemitraan ini bertujuan untuk mengatasi kesenjangan antara keterampilan lulusan perguruan tinggi dan prospek permintaan akan talenta yang terus meningkat.

Tina Nugraheni, Managing Director Monroe Consulting Group Indonesia mengatakan, inisiatif ini sejalan dengan komitmen pihaknya untuk mengatasi kesenjangan keterampilan lulusan di Indonesia. Melalui kemitraan tersebut, pihaknya yakin dapat membantu memberikan wawasan yang bermanfaat bagi mahasiswatingkat akhir agar siap memasuki dunia profesional.

"Tidak hanya itu, mengembangkan talent pool dengan keahlian manajemen bisnis sebagai salah satu keterampilan penting di dunia profesional yang membedakan para kandidat ini, ujar Tina, pada acara penandatanganan MoU, Sabtu (27/8/2022).

Untuk diketahui, berdasarkan survei World Economic ForumExecutive Opinion Survey (EOS)4, krisis ketenagakerjaan dan mata pencaharian menempati peringkat ketiga dari lima risiko teratas yang dihadapi Indonesia setelah krisis utang dan krisislingkungan akibat ulah manusia.

Data tahun 2020 yang menunjukkan bahwa hanya 25 persen lulusan perguruan tinggi yang memiliki pekerjaan sesuai dengan keahliannya dan terdapat 22,2 persen generasi mudayang tidak memiliki pekerjaan, pendidikan, dan pelatihan.

Triari Senawirawan, Wakil Ketua Bidang Pengembangan Alumni Ikatan Alumni FEB Manajemen Universitas Trisakti mengatakan, sebagai ikatan alumni, pihaknya berkomitmen untuk tidak hanya menyediakan jaringan profesional tetapi juga terlibat langsung dalam membina lulusan dan wirausahawan masa depan.

"Oleh karena itu, kerja sama dengan Monroe Consulting dan Wiranesia ini akan menjadi permulaan. Ke depannya, kerja sama ini juga bisa diperluas, misalnya untuk menghubungkan wirausahawan dengan alumni yang berminat menjadi investornya, ungkapnya.

Faransyah Agung Jaya, Founder Wiranesia Foundation mengapresiasi inisiatif Ikatan Alumni FEB Manajemen Universitas Trisakti dalam mengidentifikasi calon wirausaha berbakat sejak tahun awal kuliah.

Dia berharap, sesi konseling bersama Wiranesia dapat membantu mengasah keterampilan kewirausahaan mereka. "Terutama dalam memahami peluang, risiko, serta kiat untuk memulai dan berhasil sebagai pengusaha, tandasnya.

(don)

Topik Menarik