Buntut Pembunuhan Shinzo Abe, Kepala Polisi Jepang Mengundurkan Diri

Buntut Pembunuhan Shinzo Abe, Kepala Polisi Jepang Mengundurkan Diri

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 26 Agustus 2022 - 11:50
share

TOKYO Kepala polisi Jepang mengatakan dia akan mengundurkan diri atas pembunuhan mantan Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe .

Itaru Nakamura, kepala badan kepolisian nasional, mengatakan dia ingin bertanggung jawab atas penembakan 8 Juli itu. Investigasi telah menemukan ada kelemahan serius dalam bagaimana mantan PM dilindungi.

Abe ditembak saat berbicara di sebuah acara kampanye politik di kota Nara. Pria bersenjata berusia 41 tahun itu dapat berjalan di belakang Abe dan menembaknya dengan senjata rakitan saat dia memberikan pidato.

Dokter mengatakan pria berusia 67 tahun itu menderita dua luka tembak di lehernya dan kerusakan di jantungnya.

Polisi setempat telah mengakui kelemahan "tak terbantahkan" dalam keamanan untuk Abe.

"Dalam proses verifikasi rencana keamanan baru kami, kami menyadari bahwa tugas keamanan kami akan membutuhkan awal yang baru," kata Nakamura dalam konferensi pers saat mengumumkan pengunduran dirinya seperti dikutip dari BBC , Jumat (26/8/2022).

Abe adalah politisi paling terkenal di Jepang dan perdana menteri terlama, tetapi keamanan terhadapnya relatif ringan saat ia menyampaikan pidato singkat di sebuah jalan di wilayah barat negara itu.

Pakar keamanan yang telah meninjau rekaman serangan sebelumnya mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa pengawal bisa menyelamatkan Abe dengan melindunginya atau menariknya dari garis tembak dalam 2,5 detik antara tembakan pertama yang gagal dan tembakan kedua yang mematikan.

Polisi mengatakan tersangka, Tetsuya Yamagami, ditangkap di tempat kejadian dan mengaku menembak Abe.

Dia mengaku bahwa dia menargetkan Abe karena keyakinannya bahwa dia terkait dengan kelompok agama yang menurut Yamagami telah menghancurkan ibunya secara finansial.

(ian)

Topik Menarik