5 Keunggulan Layar ASUS OLED, Teknologi Layar Laptop Andalan Tahun 2022

5 Keunggulan Layar ASUS OLED, Teknologi Layar Laptop Andalan Tahun 2022

Gaya Hidup | mojok.co | Kamis, 25 Agustus 2022 - 23:37
share

MOJOK.CO - Produsen laptop yang merajai pasar Indonesia, ASUS memperkenalkan sejumlah produk yang dibekali teknologi layar ASUS OLED. Layar jenis ini diklaim sebagai teknologi terbaik di tahun 2022 yang mampu mendukung berbagai kebutuhan visual dan memanjakan mata pengguna.

Technical Public Relation ASUS Indonesia, Riandanu menjelaskan bahwa layar ASUS OLED memiliki sejumlah keunggulan yang signifikan ketimbang layar IPS. Selain masalah keunggulan di sisi grafis, layar ini juga memungkinkan penggunanya.

ASUS OLED bukan hanya sekadar memberikan kualitas visual terbaik tetapi juga membantu penggunanya untuk lebih produktif, dapat menggunakan laptop lebih lama tanpa membuat mata cepat lelah, jelas Riandanu pada Media Gathering di Yogyakarta, Kamis (25/8).

Ada lima keunggulan ASUS OLED

Danu menambahkan, setidaknya ada lima keunggulan dari ASUS OLED yang perlu dipertimbangkan oleh pengguna.

Pertama, ASUS OLED mampu menghasilkan warna yang lebih kaya dan detail ketimbang jenis layar lain yang dikembangkan sebelumnya. Layar ini memiliki color gamut 100% DCI-P3, tersertifikasi PANTONE Validated Display. Selain itu juga mendukung fitur HDR dengan sertifikasi VESA DisplayHDR 500 True Black.

Layar ini juga sudah Cinema Grade Industry Standard. Artinya memang mendukung detail warna yang biasa digunakan untuk kebutuhan film layar lebar, paparnya.

Kedua, tidak hanya sekadar unggul dalam warna, layar ini juga punya kemampuan untuk mengurangi efek sinar biru bagi mata. Kemampuan ini berkat adanya fitur EyeCare bersertifikasi TV Rheinland.

Ketiga, ASUS OLED memiliki kemampuan waktu respons yang kencang ketika terjadi perubahan frame gambar. Waktu response diklaim hanya 0,2 ms. Hal ini mendukung untuk melihat detail-detail yang biasanya muncul dalam adegan film laga dengan tempo yang cepat. Ketika adegan dihentikan, maka bisa muncul gambar yang jelas dan tidak blur.

Keempat, kemampuan reproduksi warna yang konsisten. Hal ini membuat layar bisa menghasilkan gambar yang tetap jernih dalam pencahayaan ruang yang berbeda-beda, termasuk saat redup.

Kelima, mampu menghasilkan kontras gambar yang bagus. Danu menjelaskan bahwa setiap pixels memiliki lampu atau titik sinar yang membuatnya menghasilkan detail yang jelas.

Di sisi lain, selama ini teknologi layar OLED dianggap rentan mengalami burn in atau perubahan warna secara permanen pada titik tertentu di layar. Namun, Danu menjelaskan bahwa ASUS OLED telah didukung burn in prevention sehingga bisa meminimalisir risiko itu.

Hingga saat ini, ASUS OLED masih dalam tahap pengembangan dan penyempurnaan. Nantinya diharap bisa diterapkan juga di jenis laptop gaming keluaran ASUS.

Kenalkan seri laptop terbaru

Di acara ASUS Media Gathering Yogyakarta, ASUS memperkenalkan serangkaian laptop terbaru yang sudah dibekali dengan teknologi layar ASUS OLED. ASUS memiliki banyak sekali jajaran laptop di berbagai kelas yang menggunakan teknologi layar canggih ini.

Mulai dari laptop penggunaan sehari-hari Vivobook Pro 14 OLED (M3400), laptop detachable OLED pertama di Indonesia Vivobook 13 Slate OLED (T3300), laptop premium Zenbook 14 OLED (UX3402), hingga laptop layar ganda Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402).

Hingga saat ini, ASUS mengklaim sebagai produsen laptop yang menghadirkan varian produk terbanyak yang sudah didukung teknologi layar OLED. Regional Director ASUS Southeast Asia, Jimmy Lin berujar bahwa pihaknya terus berupaya menghadirkan banyak inovasi, terkhusus bagi pasar di Indonesia.

ASUS menghadirkan banyak sekali inovasi teknologi tahun ini dan semuanya ada di dalam jajaran produk terbaru yang kami perkenalkan kali ini. ASUS berkomitmen tidak hanya sekadar menghadirkan inovasi di setiap produknya, tetapi juga memberikan manfaat kepada penggunanya, ucapnya.

Reporter: Hammam Izzuddin
Editor: Agung Purwandono

BACA JUGA: Laptop Merah Putih Memang Layak Dihargai Rp10 Juta. Nggak Setuju? Kamu Nggak Nasionalis, Ya?

Topik Menarik