Peluang Karier Prodi Perhotelan di Tingkat Global

Peluang Karier Prodi Perhotelan di Tingkat Global

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 25 Agustus 2022 - 12:56
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebutuhan SDM (Sumber Daya Manusia) yang mampu bersaing dengan tantangan global serta memiliki skill yang mumpuni, menjadi salah satu tolak ukur untuk mencoba peluang karier di Industri Perhotelan.

Lulusan perguruan tinggi, dituntut harus bisa mengasah soft skill demi menghadapi persaingan zaman. Sebab, iklim dunia kerja saat ini penuh dengan persaingan. Selain kemampuan akademik, juga dibutuhkan kecakapan lain untuk bisa berkompetisi.

Ketua Program Studi (Kaprodi) Perhotelan Universitas Nusa mandiri (UNM), Instianti Elyana mengatakan, Prodi Perhotelan saat ini senantiasa berusaha menangkap peluang karier perhotelan di tingkat Global.

Upaya ini senantiasa dilakukan dengan selalu mengupgrade pembelajaran terkini oleh dosen yang mumpuni di bidangnya, serta mengasah soft skill mahasiswa terbukti dengan dikirimnya mahasiswa dalam praktik oprasional tata boga dan oprasional kantor depan, terangnya dalam rilis yang diterima, Kamis (25/8/2022).

Dan tak tanggung-tanggung, katanya mengungkapkan, praktik kerja yang dilakukan mahasiswa Prodi Perhotelan Universitas Nusa Mandiri (UNM) ini langsung dilaksanakan di hotel bintang 4 bertaraf internasional.

Umumnya mahasiswa akan mempelajari keseluruhan aspek bisnis di perhotelan, mulai dari pelayanan (hospitality), housekeeping, makanan dan minuman ( food and beverage ), hingga front office, ujarnya.

Ia pun menyampaikan beberapa peluang karier yang dapat diraih dan ditangkap oleh lulusan prodi Perhotelan, antara lain:

1. Front Office Department

Lulusan Prodi Perhotelan UNM sudah sangat siap untuk ditempatkan di Front Office (FO) Department, mengingat mata kuliah yang dipelajari mengenai FO ini pun sudah matang.

Di semester 2, mahasiswa Prodi Perhotelan mempelajari pengenalan Reservasi, Guest Service Agent dan Sistem Pelayanan kantor depan.

2. Food and Beverage Service

Seorang food and beverage service pasti dituntut untuk bisa menjelaskan secara detail tentang makanan yang ditawarkan di restoran atau hotel. Lulusan Prodi Perhotelan dilatih dan diajarkan juga bagaimana menjelaskan perihal makanan yang biasa ditawarkan dan disajikan di hotel dan restoran.

3. Entrepreneur Bidang Perhotelan dan Restoran

Lulusan prodi Perhotelan juga punya peluang menjadi entrepreneur bidang perhotelan dan restoran. Pasalnya, mahasiswa prodi Perhotelan juga diajarkan bagaimana mengatur perhotelan ataupun restoran.

Selain itu, diajarkan juga cara menyusun strategi untuk menjalankan bisnis hotel dan restoran agar sukses dan berjaya.

4. Chef

Bagi yang hobi memasak, berkarier sebagai chef juga cukup menarik. Lulusan prodi Perhotelan juga diajarkan bagaimana cara membuat makanan, menata makanan, agar bukan hanya sempurna dari segi rasa tetapi juga punya kesan artistik dalam penyajian.

5. Barista

Orang yang punya keterampilan khusus dalam hal menyajikan kopi disebut dengan barista. Di jurusan perhotelan, diajarkan juga keterampilan tentang teknik dan cara dalam menyajikan juga meracik kopi seperti espresso, latte, cappucino dan lainnya.

6. Pattisier

Bagi yang hobi bikin kue atau dessert, mungkin bisa mengembangkan hobi dalam membuat pastry. Lulusan Prodi Perhotelan juga bisa mengembangkan kreativitas diri dan keahliannya untuk menjadi pattisier.

Pattisier sama seperti chef akan tetapi mereka lebih fokus pada pembuatan dessert atau kue.

Menarik bukan, Elyana menerangkan bahwa, peluang kerja lulusan Prodi Perhotelan cukup menantang dan tentu menjanjikan masa depan yang cerah.

Jadi tunggu apalagi, ayo segera daftarkan diri di perguruan tinggi yang membuka prodi Perhotelan, seperti Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang kini sudah masuk gelombang ke VI untuk pendaftaran mahasiswa baru hingga 1 September mendatang, ajaknya.


Topik Menarik