Yuk! Kenali Gejala-Gejala Penyakit Cacar Monyet

Yuk! Kenali Gejala-Gejala Penyakit Cacar Monyet

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 23 Agustus 2022 - 22:26
share

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengajak masyarakat untuk mengenali gejala klinis cacar monyet atau monkeypox . Pasalnya, penyakit ini merupakan infeksi zoonis virus yang dapat menyebar dari hewan ke manusia ataupun antar manusia.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, penyakit cacar monyet disebabkan oleh virus monkeypox. Penularan virus ini melalui sentuhan dengan penderita.

Virus ditularkan melalui cairan yang melepuh dari ruam atau bercak merah dari penderita, tuturnya, Selasa (23/08/22). Mary menjelaskan, gejala cacar monyet yaitu demam lebih dari 38 derajat celcius. Serta muncul ruam setelah satu hingga tiga hari.

Selanjutnya, ujar dia, munculnya ruam perubahan warna kulit, munculnya benjolan kecil setengah mili meter, dan muncul gelembung berisi cairan nanah. Untuk perkembangan ruam lambat selama tiga hingga empat minggu.

Juga ada penampakan khas, limfadenopati atau pembengkakan pada kelenjar getah bening, tambahnya.

Baca Juga: Konsisten Jalanjan Protokol Kesehatan Bisa Cegah Penularan Cacar Monyet

Untuk mengantisipasi, Mary pun mengingatkan ke masyarakat untuk terus menjaga protokol kesehatan (prokes). Tak lupa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Tetap waspada, jaga prokes dan terapkan PHBS, tandasnya

Topik Menarik