Loading...
Loading…
Tingkatkan Minat Baca Anak Indonesia, Mahasiswa UGM Kembangkan Buku Pintar Spicestory

Tingkatkan Minat Baca Anak Indonesia, Mahasiswa UGM Kembangkan Buku Pintar Spicestory

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Inews | Selasa, 23 Agustus 2022 - 10:57

SLEMAN, iNews.id - Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan buku Spicestory untuk meningkatkan minat baca anak Indonesia. Buku ini berupa produk edukasi yang memiliki beragam keunikan dan keunggulan sebagai buku pintar atau smartbook dan smell sensory kit.

Buku ini dikembangkan Sania Sita Dewi dan Durrotun Nabilla dari Fakultas Pertanian, Dewi Amallia dari Fakultas Psikologi, dan Lazuardi Choiri Imani dari Fakultas Ilmu Budaya.

Buku ini lahir dari keprihatinan mereka terhadap minat baca pada anak di Indonesia yang rendah. Bahkan Unesco menyebut Indonesia berada di urutan kedua dari bawah soal literasi dunia dengan angka 0,001%. Artinya, dari 1.000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca.

Buku Spicestory ini kami namakan smartbook dan smell sensory kit. Smartbook memiliki keunggulan berupa alur cerita yang berisi informasi seputar rempah yang dilengkapi dengan audio dan video edukasi. Buku ini juga disertai permainan yang menantang pembaca anak-anak untuk mengikutinya, kata Ketua Tim Buku Spicestory Sania, Selasa (23/8/2022).

Paket Spicestory juga dilengkapi smell sensory kit, yakni permainan berupa serbuk rempah kering yang dapat melatih kemampuan indera anak dalam mengenal rempah. Ini untuk mengenalkan jenis rempah kepada anak-anak sedari dini.

Ide menggabungkan buku dan permainan dirasa sebagai kombinasi yang tepat untuk melakukan meningkatkan minat baca pada anak.

Dari sana, kami menginginkan sebuah produk yang disukai anak-anak dan juga sekaligus dapat memperkenalkan mereka terhadap rempah, katanya.

Buku Spicestory juga dilengkapi dengan sentuhan digital, berupa kode QR untuk mengakses sejumlah fitur tambahan untuk meningkatkan ketertarikan anak dengan rempah juga membuat mereka betah dalam mengikuti alur cerita.

Pembina tim Spicestory, Alia Bihrajihant Raya mengatakan, buku ini menjadi gagasan dan ide untuk meningkatkan minat baca pada anak di Indonesia.

Tidak hanya untuk meningkatkan minat baca, buku ini juga mengenalkan jenis rempah kepada anak-anak sejak dini,katanya.

Original Source

Topik Menarik

{