Loading...
Loading…
Dinkes DKI Temukan 3 Orang Kontak Erat Pasien Pertama Cacar Monyet, Begini Kondisinya

Dinkes DKI Temukan 3 Orang Kontak Erat Pasien Pertama Cacar Monyet, Begini Kondisinya

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Indozone | Selasa, 23 Agustus 2022 - 09:00

Dinas Kesehatan (Dinkes) provinsi DKI Jakarta melakukan tracing terhadap kontak erat penyakit c acar monyet atau monkeypox , pasca Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan temuan kasus pertama terkonfirmasi pada pasien laki-laki berusia 27 tahun.

Diketahui pasien tersebut mengalami keluhan kesehatan beberapa hari setelah kembali ke Indonesia, pascaperjalanan wisata ke beberapa negara di Eropa Barat, pada tanggal 8 Agustus 2022 lalu.

Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti menyebutkan bahwa hingga kini hasil tracing dari pihaknya menemukan tiga orang kontak erat. Sampai saat ini ketiganya dalam kondisi baik dan tidak mempunyai keluhan kesehatan.

Sebelum ditemukannya kasus pertama ini, kami sudah pernah menerima laporan dan melakukan penyelidikan epidemiologi pada 11 orang terduga yang ditemukan sejak 20 Mei 2022, yang semuanya setelah melalui pemeriksaan laboratorium diketahui negatif cacar monyet," ucapnya, Selasa (23/8/2022).

"Hal ini sebagai bagian dari upaya menemukan kasus sedini mungkin, agar dapat dilakukan pemutusan rantai penularan dengan segera, tambah Widyastuti pada keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut, Widyastuti juga mengungkapkan kalau Dinkes DKI akan terus memantau perkembangan kondisi pasien dan seluruh kontak eratnya

"Pasien cukup kooperatif dan terbuka dengan tim kami. Kondisi pasien juga sudah membaik, tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Penularan Cacar Monyet Tidak Semudah COVID-19, Menkes: Tak Perlu Khawatir

Kasus Cacar Monyet Pertama Ditemukan, DPR Dorong Pemerintah Siapkan Vaksin

Cegah Terkena Cacar Monyet, Pakar Sarankan Sering Cuci Tangan

Original Source

Topik Menarik