Loading...
Loading…
Resep Tape Uli, Jajanan Tradisional yang Bikin Kangen

Resep Tape Uli, Jajanan Tradisional yang Bikin Kangen

Gaya Hidup | herstory | Selasa, 23 Agustus 2022 - 08:40

Tape uli merupakan makanan khas Betawi yang melambangkan eratnya persaudaraan atau kekeluargaan. Perpaduan tape beras ketan hitam dan uli menghasilkan rasa gurih legit dan nikmat.

Untuk membuat tape uli ini juga terbilang mudah, lho. Penasaran? Dikutip dari laman endeus.tv , berikut resep tape uli.

Bahan:

tape:

Uli:

Cara membuat:

  1. Tape: Tiriskan beras ketan hitam dari air rendamannya. Masukkan beras ketan hitam ke dalam dandang panas, kukus selama 30 menit hingga ketan matang. Angkat, biarkan hingga ketan dingin.
  2. Aduk rata ketan hitam dingin dengan ragi tape. Siapkan 1 buah wadah bertutup volume 2 L, alasi dengan daun pisang. Letakkan campuran ketan dalam wadah, tutup bagian permukaan atas ketan dengan daun pisang.
  3. Tutup wadah dan bungkus wadah dengan kain bersih. Simpan dalam suhu ruang selama 3-4 hari hingga ketan menjadi tape bercita rasa manis dan mengeluarkan kandungan air. Sisihkan.
  4. Uli: Kukus beras ketan putih dalam dandang panas hingga setengah matang (15 menit). Tambahkan kelapa parut dan garam, aduk hingga rata. Kukus kembali hingga ketan matang sempurna (15 menit). Angkat.
  5. Tumbuk ketan putih selagi panas dengan cobek hingga halus. Cetak dalam loyang ukuran 20x20x4 cm yang telah dialasi plastik dan diolesi sedikit minyak goreng. Ratakan dan diamkan hingga tidak panas. Keluarkan Uli dari loyang, potong-potong sesuai selera. Sajikan segera bersama tape ketan.

Selamat mencoba!!

Original Source

Topik Menarik