Waduh! Harga Produk Mamin Mulai Merangkak Naik

Waduh! Harga Produk Mamin Mulai Merangkak Naik

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 22 Agustus 2022 - 20:36
share

IDXChannel - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan harga produk makanan dan minuman (mamin) di dalam negeri sudah mulai merangkak naik. Kenaikan ini berdasarkan laporan Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (Gapmmi).

"Khusus harga jual kami ingin menyampaikan berdasarkan studi Gapmmi ada kenaikan harga jual 5-15%, akhir-akhir ini," ungkap Agus dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, Senin (22/8/2022).

Adapun kenaikan harga itu berhubungan dengan produk mamin yang menggunakan bahan baku dalam negeri. Sementara produk dalam negeri masih bersaing cukup ketat dengan produk olahan sejenis yang berbahan baku impor yang masih mendominasi.

Terkait produk mamin apa saja yang mengalami kenaikan, Agus tidak menjelaskan secara detail. Di sisi lain, Industri Kecil dan Menengah (IKM) masih menghadapi tantangan dalam hal ketersediaan bahan baku.

Sebab, bahan baku pangan berhubungan erat dengan kondisi musim. Jika memasuki masa panen, pasokan melimpah, namun sebaliknya jika tidak sedang masa panen, IKM terhambat bahan baku.

"Ketersediaan bahan baku pangan masih fluktuasi karena dipengaruhi oleh musim panen dan kualitas bibit," jelas Agus.

(DES)

Topik Menarik