Ganjar Pranowo Beri Perintah Langsung, Semua Warga Indonesia Tolong Patuh

Ganjar Pranowo Beri Perintah Langsung, Semua Warga Indonesia Tolong Patuh

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 22 Agustus 2022 - 07:19
share

GenPI.co - Semua warga khususnya remaja di Indonesia diharapkan untuk mencegah perkawinan dini sekaligus menjauhi seks bebas guna menciptakan penerus bangsa yang unggul dan sehat secara fisik maupun mental.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ,di Yogyakarta, Minggu (21/8/2022).

"Menikah harus minimal usia 21 untuk perempuan dan 25 untuk laki-laki. Kenapa demikian? Karena kalau dibawah usia 21 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki, secara fisik, mental dan finansial-nya belum siap," tegas Ganjar.

Sebab, saat ini kondisi remaja di Indonesia sudah memprihatinkan karena banyak ditemukan-nya \'JUS\' atau Janda Usia Sekolah.

Terutama anak perempuan yang ditakutkan akan menjadi perawan tua.

Banyak anak sudah menikah saat usia masih muda, namun belum siap secara fisik maupun mental menjadi orang tua.

Penyebab \'JUS\' sendiri karena faktor ekonomi serta sosial dan budaya di Indonesia yang beranggapan usia setelah lulus sekolah merupakan waktu tepat untuk menikahkan anaknya.

Padahal pernikahan harus direncanakan melalui lima transisi kehidupan yang sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi remaja.

Tujuannya agar dapat menekan angka kematian pada ibu dan bayi yang saat ini masih sangat tinggi di Indonesia.

Selain menghindari perkawinan dini dan seks bebas, remaja Indonesia juga menghindari mengkonsumsi obat-obatan terlarang seperti narkoba , hingga minuman beralkohol.

Dengan begitu, para remaja di Indonesia harus menghabiskan usia mudanya untuk hal-hal yang positif dan terus mengasah bakat dalam dirinya masing-masing.

Salah satu cara, yakni para remaja harus memiliki kesibukan yang diisi dengan kegiatan-kegiatan positif seperti ikut forum GenRe (Generasi Berencana).

Lewat forum yang digagas oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) itu, para remaja bisa mengembangkan potensi diri, habiskan waktu muda dengan berkontribusi kepada bangsa Indonesia. (Ant)

Video viral hari ini:

Topik Menarik