Dinas PU Makassar Giat Sosialisasi Teknik Pengelolaan Air Limbah

Dinas PU Makassar Giat Sosialisasi Teknik Pengelolaan Air Limbah

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 20 Agustus 2022 - 19:16
share

MAKASSAR Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar terus melakukan sosialisasi dan pembinaan pengembangan teknik pengelolaan air limbah. Salah satunya dilaksanakan Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) IPAL Komunal Kelurahan Wala Walaya, Kecamatan Tallo, Jumat 19 Agustus

Hadir menjadi narasumber dalam sosialiasi tersebut, Unit Pelaksana Teknik Pengelolaan Air Limbah Domestik Kota Makassar Kerlinus Bumbungan, Kepala UPT PAL Dinas PU Makassar, Hamka Darwis dan jajaran UPT PAL DPU Makassar.

Sosialisasi juga dihadiri Sekretaris Lurah Kelurahan Wala Walaya, Ketua Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) IPAL Komunal Wala Walaya. Serta 30 orang peserta warga pemanfaat IPAL Komunal.

Hamka Darwis mengatakan dalam sambutannya, sosialisasi bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemeliharaan IPAL komunal. Termasuk persoalan yang dihadirkan serta solusi terbaik agar IPAL dapat berjalan dengan baik, sehingga lingkungan bersih dari pencemaran air limbah rumah tangga.

"Tujuan giat ini juga adalah untuk melakukan pembinaan terhadap Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat IPAL Komunal agar warga anggota kelompok Ipal komunal dapat memahami akan pentingnya memelihara IPAL komunal yang selama ini mereka manfaatkan," kata Hamka.

Kontribusi sangat penting dalam pemeliharaan dan pengoperasian IPAL komunal secara berkelanjutan. Jika terjadi masalah, harus diselesaikan bersama-sama, sambung kornelius.

Selain itu, UPT PAL melakukan tinjauan ke lapangan ke WTP Komunal Jalan Ir Juanda 2 untuk melihat kondisi dan permasalahan.

Di tempat berbeda, Kadis PU Makassar, Zuhaelsi Zubir berpesan agar Kepala UPT PAL Dinas PU Makassar intensif melakukan pembinaan kepada warga pengguna IPAL komunal demi terciptanya sanitasi lingkungan yang sehat.

Sementara itu, Sekretaris Lurah Wala Walaya, Nirwan mengungkapkan bahwa pihaknya membutuhkan bantuan untuk mengatasi kelangkaan dan sering kalinya air selokan meluap saat hujan di sekitar WTP komunal.

Jika ada masalah IPAL komunal, mohon bantuannya yang maksimal, harap Nirwan.

(luq)

Topik Menarik