Wapres Ma’ruf Amin Blak-blakkan, Beber Bakal Ada Reshuffle Kabinet untuk Isi Dua Jabatan Ini

Wapres Ma’ruf Amin Blak-blakkan, Beber Bakal Ada Reshuffle Kabinet untuk Isi Dua Jabatan Ini

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 20 Agustus 2022 - 17:59
share

Wakil Presiden Maruf Amin menyebut bahwa reshuffle kabinet akan dilakukan setidaknya untuk mengisi dua jabatan yang saat ini masih kosong.

Pertama, ialah untuk mengisi posisi menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi atau menPAN-RB definitif setelah Tjahjo Kumolo wafat.

Kedua , untuk mengisi posisi wakil menteri luar negeri. Sebab, Mahendra Siregar yang selama ini menjabat wamenlu, terpilih menjadi ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Reshuffle itu yang pasti, kan, ada dua yang lowong. Satu, menteri PAN-RB, itu belum diisi. Kedua, wakil menteri luar negeri, dia terpilih menjadi Ketua OJK. Itu yang pasti diisi," kata Wapres Maruf Amin seusai menghadiri Haul Ke-23 Ulama Indonesia Almarhum Habib Umar bin Hood Alatas di Depok, Jawa Barat, Sabtu (20/8/2022).

Terkait perombakan untuk mengisi posisi lain di kabinet, Wapres Maruf Amin meminta semua pihak menunggu keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Kalau yang lain, saya kira tunggu saja. Kita lihat saja nanti, ungkap Wapres Maruf Amin.

Hingga saat ini, Presiden Jokowi belum mengumumkan nama yang akan menjabat sebagai menPAn-RB setelah Tjahjo Kumiolo wafat.

Sejak 16 Juli 2022, jabatan menPAN-RB masih dirangkap oleh Menteri Koordinator Bidang Polhukam Mahfud MD selaku pejabat yang ditunjuk Presiden Jokowi sebagai pelaksana tugas hingga dilantiknya menteri definitif.

Topik Menarik