Proyek Ibu Kota Nusantara Jadi Berkah bagi Pengembang Properti Lokal

Proyek Ibu Kota Nusantara Jadi Berkah bagi Pengembang Properti Lokal

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 20 Agustus 2022 - 14:36
share

JAKARTA - Industri properti antusias menyambut pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Pasalnya, berdasarkan catatan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), pemindahan IKN diproyeksikan meningkatkan investasi riil di Kalimantan Timur sebesar 47,7%.

Sementara di Pulau Kalimantan sendiri akan meningkat 34,5% dan investasi riil di Indonesia diperkirakan mencapai 5%. Pembangunan IKN merupakan investasi yang lebih terfokus pada sektor properti.

Direktur Utama PT Krakatau Sarana Properti (KSP) Ridi Djajakusuma mengungkapkan, pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara diyakini akan membawa berkah bagi para pengembang properti di Indonesia.

Menurut Ridi, pengembangan IKN akan mendatangkan banyak orang yang pada akhirnya menciptakan pusat bisnis baru dan kebutuhan hunian, area komersial, dan fasilitas penunjang lainnya meningkat.

PT KSP yang merupakan bagian dari dari PT Krakatau Steel Group siap membantu pengembangan proyek Ibu Kota Negara. Di mana pihaknya sudah memasang target untuk bisa menjadi perusahaan properti terkemuka di tingkat nasional.

"Menjadi bagian dari proyek IKN akan menjadi sebuah batu loncatan besar bagi PT KSP. Pembangunan IKN merupakan proyek jangka panjang, kami di KSP siap berkontribusi di IKN dan meramaikan. IKN harus dibuat sangat menarik karena 80% yang masuk adalah pihak swasta. Kita berharap IKN akan berjalan dan setelah kita melihat langsung di titik nol IKN, saya yakin tempat ini akan tak terhentikan atau unstoppable pembangunnya," ujar Ridi, Sabtu (20/8/2022).

Ridi menilai, permintaan terhadap properti residensial dan komersial diperkirakan akan naik seiring dengan realisasi pembangunan di IKN Nusantara, baik pembangunan kantor pemerintahan, perumahan, komersial, dan infrastruktur penunjang. Kata Ridi, hal itu menjadi peluang bagi PT KSP untuk pengembangan properti di area IKN.

KSP harus menjadi perusahaan properti nasional terkemuka dengan menyediakan properti industri, komersial, hunian dan infrastruktur terkait yang memberikan solusi bagi investor, pelanggan serta pihak-pihak terkait lainnya, jelasnya.

Di melanjutkan, industri properti akan terus menggeliat setelah sempat stagnan akibat pandemi. Tahun ini, diperkirakan industri properti akan terus melesat terutama terkait proyek pengembangan proyek Ibu Kota Negara di Kalimantan.

Data Real Estat Indonesia (REI) mencatat, realisasi penjualan rumah komersial di seluruh Indonesia pada tahun 2021 mengalami kenaikan sebesar 223 persen sejumlah 73.518 unit dibandingkan periode yang sama di tahun 2020 yang hanya 22.721 unit. Data ini menunjukkan tren positif pasar properti nasional.

Kami yakin kinerja PT KSP pada tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun lalu. Karena itu, kami mulai melebarkan sayap tidak hanya membangunan properti di kawasan Cilegon dan sekitarnya tapi juga mulai ke daerah lain. Sebagai anak perusahan Krakatau Steel, kami yakin bisa menghadapi persaingan dengan perusahaan properti lain yang sudah lebih dulu eksis, jelas Ridi.

Ridi mengatakan, Ibu Kota Negara di Kalimantan akan menjadi kawasan industri baru yang akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional. Karena itu, PT KSP yang menjadi bagian dari Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI) akan dengan senang hati apabila bisa memberikan kontribusi positif terkait pengembangan proyek IKN.

Topik Menarik