DWP Unram Rayakan Hari Kemerdekaan dengan Bakti Sosial

DWP Unram Rayakan Hari Kemerdekaan dengan Bakti Sosial

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 20 Agustus 2022 - 11:34
share

PRAYA Dharma Wanita Persatuan Universitas Mataram (DWP Unram ) mengadakan bakti sosial, di Yayasan Pondok Pesantren Darul Atqia, Dusun Embung Duduk, Desa Labulia, Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah. Baksos tersebut dilakukan seusai upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77, Rabu (17/8).

Ketua Yayasan di Yayasan Pondok Pesantren Darul Atqia Tuan Guru H Supardi Ramli mengungkapkan apresiasinya. Pondok pesantren kami yang sangat sederhana ini didatangi, disilaturahmikan oleh orang-orang besar. Mudah-mudahan santri kami nanti ikut menjadi orang besar, ujarnya.

Pengasuh sekaligus pendiri yayasan tersebut menceritakan sejarah berdirinya lembaga pendidikan tersebut. Cikal bakal pendirian pondok telah ada sejak 2015. Bahkan para santri Taman Pendidikan Quran (TPQ) yang dulu Ia ajarkan, dimulai sedari tidak bisa membaca Alquran sama sekali. Kini salah satu santrinya sudah menyelesaikan 30 juz hafalan.

Di pondok pesantren ini, memang lebih dikhususkan santri-santri kami untuk menghafal Alquran dan juga ilmu-ilmu syariah yang lainnya, tetapi lebih difokuskan kepada pondok pesantren Tahfidzul Quran, terangnya.

Pondok pesantren kami mulai tahun 2020 mendapatkan izin dan pada saat itu yang mondok hanya yang laki-laki saja. Kemudian di tahun kedua ditambah lagi yang perempuan. Sehingga tahun ini Alhamdulillah sudah memasuki tahun ketiga, sambung sang tuan guru.

Pondok pesantren ini sudah menaungi beberapa lembaga. Yaitu PAUD, SMP Islamiyah, dan MA. TGH Supardi mengungkapkan, yayasannya tidak memiliki gedung sekolah, tetapi dipinjamkan gedung SD di sebelah selatan, yang berjarak 500 meter dari yayasannya.

Kendati memiliki keterbatasan, pihaknya mengatakan, para santrinya tetap bersemangat mengaji, menghafal Alquran. Juga melanjutkan pelajaran-pelajaran mereka di sekolah formal.

Saya berharap dengan adanya silaturahmi dari rektor dan DWP Unram dapat mendatangkan keberkahan bagi Yayasan Pondok Pesantren Darul Atqia, pungkasnya.

Hj Agustin Rahmawati Hari Bambang Kusumo, ketua DWP Unram berterima kasih atas sambutan ketua yayasan serta para santri. Tujuan kami adalah untuk berbagi kasih sayang dengan menyisihkan rezeki ibu-ibu anggota kami ini, ujarnya.

Dari pertemuan ini, ia berharap akan ada pertemuan lainnya di masa yang akan datang. Kedepannya, kami bisa datang kembali, bersilaturahmi kembali ke tempat ini. Harapan kami semoga anak-anak semua diberi kesehatan, diberi kebahagiaan, dan kompak selalu, terangnya.

Kedepannya Yayasan Pondok Pesantren Darul Atqia diharap bisa melahirkan generasi penerus yang berkarakter Islami. Para santri menjadi anak yang berbakti pada agama, nusa dan bangsa, dan tetap menjaga NKRI, pungkasnya.

Rektor Unram Prof Bambang Hari Kusumo mengungkapkan rasa syukurnya karena berkesempatan mengunjungi yayasan itu. Ini merupakan hikmah yang luar biasa bagi kita semua, tidak hanya tuan guru dan juga para santri, tetapi juga kami. Karena kami punya kesempatan untuk berbagi, tuturnya. (yun/r9/*)

Topik Menarik