Wajib Tahu, Walaupun Pahit Buah Pare Memliki Banyak Manfaat Untuk Tubuh

Wajib Tahu, Walaupun Pahit Buah Pare Memliki Banyak Manfaat Untuk Tubuh

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 18 Agustus 2022 - 16:36
share

BATU, iNews.id - Di balik rasanya yang pahit, ada banyak manfaat pare untuk kesehatan. Manfaat itu berasal dari kandungan nutrisi didalamnya yang menjadikan pare baik untuk mengendalikan kadar kolesterol, menurunkan berat badan, dan menjaga daya tahan tubuh.

Pare atau Momordica charantia sangat dikenal dengan rasanya yang pahit. Meski demikian, tidak sedikit orang Indonesia yang suka mengonsumsinya, baik dengan direbus, ditumis, atau dibuat jadi berbagai jenis makanan.

Tidak hanya sebagai bahan makanan, pare sudah lama dikenal sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit, seperti radang usus besar, batu ginjal, dan diabetes.

Pare diketahui kaya akan serat dan mengandung makronutrisi, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Selain itu, pare mengandung bermacam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan zat besi.

Tidak cuma berbagai nutrisi di atas, pare kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, fenol, dan isoflavon.

Beragam Manfaat Pare untuk Kesehatan

Karena kandungan antioksidan dan gizi di dalamnya, pare bisa memberi beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ialah beberapa manfaatnya:

1. Mengendalikan kadar gula darah

Pare diketahui bisa meningkatkan produksi hormon insulin yang bisa memecah glukosa menjadi energi dalam tubuh, sehingga kadar gula darah juga bisa terkendali. Ini menjadikan pare baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Meskipun begitu, efektivitas dan tingkat keamanan konsumsi pare untuk menurunkan kadar gula darah masih perlu ditelaah selanjutnya.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan jika ekstrak pare bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada darah, sehingga bisa mencegah penumpukan kolesterol dan menurunkan resiko penyakit jantung. Manfaat ini datang dari kandungan serat, kalium, dan antioksidan didalamnya.

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Kandungan antioksidan dalam pare dipercaya bisa menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, seperti kanker lambung, kanker usus besar, kanker paru-paru, dan kanker payudara.

Meskipun begitu, studi mengenai manfaat pare untuk mencegah kanker masih terbatas sehingga membutuhkan penelitian selanjutnya.

4. Menghambat penyebaran infeksi virus

Berdasar beberapa penelitian, pare dipercayai mempunyai sifat antivirus yang bisa menghambat penyebaran infeksi virus pada tubuh. Bahkan, kandungan antivirus dalam pare diduga berpotensi menghambat penyebaran virus HIV. Meskipun begitu, manfaat pare ini masih perlu diteliti kembali.

5. Menjaga berat badan tetap ideal

Pare sebagai salah satu buah yang rendah kalori dan lemak, sehingga baik dikonsumsi untuk Anda yang menjalani diet. Disamping itu, pare punya kandungan serat yang tinggi, sehingga bisa memberikan efek kenyang lebih lama dan menekan selera makan berlebih.

Tetapi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda disarankan untuk selalu menjalani pola hidup sehat dengan olahraga dengan teratur, mengonsumsi makanan bergizi, dan mencukupi waktu istirahat.

Beberapa faedah di atas memperlihatkan jika pare bagus untuk kesehatan badan. Tetapi, yakinkan Anda pilih pare yang fresh dan keadaannya baik. Untuk kurangi rasa pahit dari pare, Anda dapat memendamnya di di air garam sepanjang 30-45 menit.

Bila Anda masih mempunyai pertanyaan sekitar faedah pare atau jumlah konsumsinya yang pas sama sesuai keadaan kesehatan, tidak boleh sangsi untuk konsultasi sama dokter.

Topik Menarik