Loading...
Loading…
HUT Ke-77 RI Momentum Indonesia Menuju Negara Adidaya

HUT Ke-77 RI Momentum Indonesia Menuju Negara Adidaya

Gaya Hidup | koran-jakarta.com | Kamis, 18 Agustus 2022 - 00:00

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan perayaan HUT ke-77 RI merupakan momen penting dalam mencapai mimpi Indonesia menjadi negara adidaya di tahun 2045 dalam melawan berbagai tantangan yang ada.
"Mari kita jadikan perayaan kemerdekaan yang ke-77 ini sebagai momentum kebangkitan semangat untuk menghadapi beragam tantangan dalam membangun Indonesia yang lebih maju," kata Gubernur Ridwan Kamil saat menjadi inspektur upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Rabu (17/8).
Pelaksanaan upacara dilakukan dengan khidmat, dan bertindak selaku komandan upacara peringatan 17 Agustus yaitu Kadislog Lanud Husein Sastranegara, Letkol Kal Yulianto.
Dalam acara tersebut, Gubernur Ridwan Kamil memberikan piagam penghargaan pendidikan antikorupsi kepada kepala Kejaksaan Tinggi Jabar.
"Perayaan tiap tanggal 17 Agustus bagi kita bukan hanya sekedar perayaan memperingati hari kemerdekaan. Perayaan ini juga merupakan momentum penting refleksi arti perjuangan para pendahulu kita merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, dan lebih penting lagi bagaimana kita mengisinya dengan sungguh-sungguh," ungkap dia.
Dalam sambutannya, Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Ridwan Kamil menuturkan, bahwa pelaksanaan upacara di Jabar berlangsung khidmat. Ia pun menegaskan bahwa upacara ini jangan hanya dijadikan sebagai seremonial semata, melainkan untuk membangkitkan semangat bangsa Indonesia dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila di kehidupannya.
"Perlu kita hayati bersama, upacara ini tak hanya sekedar seremonial untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan, melainkan bertujuan untuk membangkitkan semangat kebangsaan seluruh masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila untuk membangun bangsa," kata Kang Emil.
"Bangsa kita adalah bangsa yang kuat dan pantang menyerah. Terbukti dari berbagai upaya yang dilakukan para pendahulu saat memperjuangkan kebebasan dari penjajahan," lanjut dia.
Ia juga mengajak masyarakat yang hadir di tepian Lapangan Gasibu dan juga seluruh stakeholders untuk meneladani sikap pantang menyerah pahlawan. "Daya juang yang ditunjukkan oleh para pahlawan wajib kita teladani dan kita contoh dalam mengisi kemerdekaan hari ini. Indonesia sebagai bangsa yang menghargai jasa para pahlawan dan pendahulu, jangan pernah menganggap kecil capaian bangsa ini," kata dia.
Ia menjelaskan pula bahwa tahun ini merupakan tahun ketiga perayaan kemerdekaan dalam situasi pandemi. Namun begitu, kondisi saat ini jauh lebih terkendali karena sudah memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi. Ant/N-3

Original Source

Topik Menarik