7 Potret Baju Adat Presiden Jokowi saat Ikuti Sidang Tahunan MPR Periode 2016-2022!

7 Potret Baju Adat Presiden Jokowi saat Ikuti Sidang Tahunan MPR Periode 2016-2022!

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 17 Agustus 2022 - 13:55
share

7 potret baju adat Presiden Jokowi saat ikuti sidang tahunan MPR Periode 2016-2022 menarik untuk dibahas. Sidang tahunan MPR dan acara HUT RI adalah momen yang banyak dinanti.

Karena pada momen tersebut, Presiden Joko Widodo atau kerap disapa Presiden Jokowi kerap mengenakan pakaian adat. Kebiasaan ini sudah beliau lakukan sejak 2017 saat menghadiri sidang tahunan MPR.

Pengenaan pakaian adat tentu memiliki filosofi tersendiri. Dengan mengenakan pakaian adat, Presiden Jokowi ingin menunjukkan banyaknya keberagaman budaya Indonesia

Berikut 7 potret baju adat Presiden Jokowi saat ikuti sidang tahunan MPR Periode 2016-2022

1. Baju adat Paksian dari Bangka Belitung (2022)

Jokowi adat bangka belitung

Presiden Jokowi terlihat mengenakan baju adat dari Bangka Belitung warna hijau muda. Pakaian itu tampak berlapis-lapis, mulai dari inner, jaket, kain songket, dan celana panjang warna serupa bahkan lengkap bersama headpiece di kepala.

Menariknya, ada semacam selendang yang melingkar di badan Jokowi. Selendang tersebut semakin cantik dengan adanya motif berwarna emas, serupa dengan motif yang ada di sisi luar jas yang dikenakan.

Dilihat lebih dekat ke kain songketnya, wastra Nusantara tersebut tampak sangat mewah nan indah. Motif kain tersebut bertulis tinta emas yang sangat sempurna, dan di bagian atasnya ada semacam bros besar berwarna emas yang pastinya penuh makna.

2. Baju adat Suku Baduy (2021)

Adat baju baduy

Presiden Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Suku Badui warna hitam-hitam. Selain itu, terdapat lencana Merah Putih di bagian dada sebelah kiri.

Presiden Jokowi juga tampak mengenakan udeng kepala warna biru. Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga memakai sandal warna hitam dan tas rajut coklat.

3. Baju adat Sabu dari Nusa Tenggara Timur (2020)

Jokowi baju adat NTT

Presiden Jokowi kini memilih busana adat Suku Sabu, NTT. Busana adat itu menonjolkan keindahan kain tenun dan motifnya yang berwarna emas. Tidak hanya itu, aksesori berupa kalung dan ikat pinggang emas pun memperindah busana adat dari NTT ini.

4. Baju adat Sasak dari Nusa Tenggara Barat (2019)

Jokowi Baju Adat NTB

Pemilihan pakaian adat Sasak tentu memunculkan ragam komentar di masyarakat, terutama di kalangan masyarakat

Sasak sendiri yang secara langsung memiliki ikatan emosional dengan pakaian adat tersebut. Umumnya, peristiwa ini memunculkan kebanggaan dari kalangan masyarakat Sasak karena pakaian adat mereka diperkenalkan pada acara resmi kenegaraan oleh Presiden Jokowi.

5. Jas formal (2018)

Jokowi baju jas

Pada tahun 2018 ini Presiden Jokowi menggunakan pakaian satu set jas formal berwarna biru yang dipadukan dengan dasi merah.

6. Baju adat Bugis, Sulawesi Selatan (2016)

baju bugis dipakai Jokowi

Tahun 2017 merupakan debut Presiden Joko Widodo menggunakan baju adat dalam sidang tahunan MPR. Kala itu Jokowi mengenakan baju adat Bugis.

7. Pakaian formal (2017)

Meski pada tahun ini Presiden masih mengenakan pakaian formal, namun ibu negara dan para ibu pejabat lainnya sudah memakai kebaya khaas Indonesia.

Demikian 7 potret baju adat Presiden Jokowi saat ikuti sidang tahunan MPR Periode 2016-2022.

(RIN)

Topik Menarik