Ria Ricis Biarkan Baby Moana Tengkurap, Bahayakah Tummy Time pada Bayi?

Ria Ricis Biarkan Baby Moana Tengkurap, Bahayakah Tummy Time pada Bayi?

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 14 Agustus 2022 - 11:15
share

JAKARTA, celebrities.id - Kebahagiaan yang dirasakan Ria Ricis agaknya harus sedikit \'ternodai" dengan sejumlah komentar dari netizen. Tak sedikit dari mereka memberikan komentar terkait tummy time baby Moana.

Banyak netizen yang menilai bahwa Ria Ricis terlalu dini untuk memberikan baby Moana tummy time di usianya yang masih belum genap sebulan itu.

Lantas, apakah sebenarnya tummy time itu? Dan apakah tummy time dini pada bayi berbahaya seperti yang disebut nitizen terhadap Ria Ricis itu?

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (14/8/2022) tummy time adalah sesi latihan tengkurap pada bayi. Sebenarnya, tidak ada aturan pasti usia ideal bayi untuk melakukan aktivitas ini.

Bahkan, American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar tummy time sudah dilakukan beberapa hari setelah bayi lahir dan tidak ditunda.

Saat melakukan tummy time, bayi akan berusaha mengangkat kepalanya ke atas. Latihan ini justru bermanfaat untuk mengembangkan otot-otot tubuhnya, khususnya otot leher, dada, bahu, dan lengan.

Tummy time juga dapat melatih keseimbangan tubuh bayi agar bisa segera berguling, merangkak, duduk, dan berjalan. Selain itu, masih ada banyak manfaat lain yang diperoleh bayi dengan rutin melakukan tummy time.

Manfaat tersebut di antaranya dapat mengembangkan keterampilan mengontrol kepala pada bayi, meningkatkan keterampilan motorik kasar bayi, mencegah plagiocephaly atau kepala peyang pada bayi, mengurangi perut kembung, dan meningkatkan hubungan antara ibu dan bayi.

Tips agar tummy time bayi aman

Tummy time sebenarnya cukup mudah dilakukan, baik setelah si kecil berganti popok, mandi, atau bangun dari tidur siang. Hindari melakukan tummy time setelah si kecil menyusu sebab bisa membuat perutnya tertekan hingga muntah.

Sebaiknya, lakukan tummy time di tempat yang datar seperti lantai dan kasur atau di atas perut dan pangkuan Bunda. Pastikan Bunda selalu mengawasinya ketika melakukan tummy time dan tidak meninggalkannya sendiri.

Jika si kecil terlihat mengantuk, segera baringkan dia di tempat tidurnya. Pasalnya, membiarkan bayi tidur dengan posisi tengkurap dapat meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak.

Tummy time bisa menjadi momen untuk mengembangkan kemampuan fisik dan mempererat hubungan ibu dan bayi. Jadi, jangan sampai Bunda melewatkannya.

Namun, jika si kecil terlahir prematur, memiliki kebutuhan khusus, atau memiliki penyakit asam lambung, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum melakukan tummy time.

Topik Menarik