Ditanya Nama Menpan RB Pengganti Tjahjo Kumolo, Jokowi: Di Kantong Udah Penuh

Ditanya Nama Menpan RB Pengganti Tjahjo Kumolo, Jokowi: Di Kantong Udah Penuh

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 12 Agustus 2022 - 17:34
share

JAKARTA Presiden Joko Widodo mengaku sudah mengantongi nama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan RB ). Jokowi berkelakar bahwa kantongnya sudah penuh nama-nama.

"Oh (di) kantongnya udah penuh," ujar Jokowi kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Terkait siapa sosok menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo, Jokowi masih enggan mengungkapkan. "Belum," kata Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan posisi Menpan RB merupakan jatah untuk PDI Perjuangan. Posisi itu kosong usai ditinggal Tjahjo Kumolo yang meninggal karena sakit.

Pramono mengatakan bahwa terkait pengganti Tjahjo nantinya akan ada pembahasan antara Presiden Jokowi dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Jadi untuk pengganti Pak Tjahjo tentunya ini keputusan bersama karena Bapak Presiden yang mempunyai hak prerogatif mendapatkan masukan dari PDI Perjuangan, dari Bu Mega. Karena memang yang digantikan itu kebetulan juga kader PDI Perjuangan dan itu memang alokasi untuk PDI Perjuangan," ujar Pramono Anung di Kompleks Istana Jakarta, Senin (8/8/2022).

Pramono menyebut bahwa nama-nama pengganti Tjahjo sudah ada. Keputusan siapa calon penggantinya akan diumumkan usai pembahasan. "Nah kemarin Bu Mega juga baru kembali dari luar negeri, kebetulan ada wisuda putra putri Ibu Puan, sehingga waktunya mungkin dalam waktu dekat ini akan segera dibahas. Tapi nama-namanya sudah ada," kata Pramono.

Saat dikonfirmasi mengenai siapa saja nama-nama bakal calon pengganti Tjahjo, Pramono mengembalikan segala keputusan kepada Presiden Jokowi. "Namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut. Tapi nanti akan dibahas Presiden dengan Ibu Mega," ujarnya.

(abd)

Topik Menarik