Loading...
Loading…
Jangan Sembarangan, Ini Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam

Jangan Sembarangan, Ini Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Inews | Jumat, 12 Agustus 2022 - 08:33

JAKARTA, iNews.id - Sakit telinga di bagian dalam bisa sangat menganggu aktivitas, khususnya pendengaran Anda. Sakit tersebut muncul karena adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus di telinga tengah. Lantas adakah cara mengobati sakit telinga bagian dalam yang aman?

Secara umum sakit telinga bagian dalam bisa terjadi karena cidera, infeksi, iritasi atau nyeri. Namun ada juga yang mengatakan bahwa sakit telinga bagian dalam akibat infeksi dari saluran pernafasan.

Infeksi telinga dapat terjadi karena ada gangguan saluran pernapasan. Penumpukan cairan di belakang gendang telinga, yang disebabkan oleh infeksi ini dapat membiakkan bakteri, keterangan Healthline dikutip Jumat (12/8/2022)

Mengacu pada penyebab infeksi berikut cara mengobati sakit telinga bagian dalam:

  • Hindari membuat telinga basah
  • Duduk tegak untuk membantu meringankan tekanan telinga
  • Gunakan obat tetes telinga yang dijual bebas (OTC)
  • Minum obat pereda nyeri yang dijual bebas
  • Kunyah permen karet untuk membantu meredakan tekanan.

Jika sakit tidak juga mereda kapan harus ke dokter?

Ketika seseorang mengalami demam terus-menerus sebesar 104F (40 C) atau lebih tinggi, cari bantuan medis. Untuk bayi, segera cari bantuan medis untuk demam yang lebih tinggi dari 101F (38C).

Namun masih ada gejala lain yang perlu diperhatikan antara lain;

Perlu diketahui, sakit telinga dapat berlangsung bergantung pada seberapa parah infeksinya. Ketika diobati dengan segera, sebagian besar infeksi telinga bagian dalam akan sembuh dalam beberapa hari hingga sekitar 2 minggu, tanpa kerusakan permanen pada telinga.

Namun beberapa infeksi telinga bagian dalam dapat menyebabkan kehilangan pendengaran sebagian atau total secara permanen. Ada juga kerusakan pada sistem vestibular yang bertanggung jawab untuk keseimbangan, dapat memperpanjang waktu pemulihan.

Original Source

Topik Menarik