Loading...
Loading…
Akuapem Poloo, Artis Top di Ghana yang kini Menjadi Muslim

Akuapem Poloo, Artis Top di Ghana yang kini Menjadi Muslim

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Republika | Jumat, 12 Agustus 2022 - 05:46

REPUBLIKA.CO.ID, ACCRA -- Salah seorang artis di Ghana, Akuapem Poloo mengejutkan para pengikutnya di media sosial setelah mengumumkan bahwa dirinya pindah agama menjadi seorang Muslim. Melalui akun Instagram-nya, dia mengungkapkan telah berpindah agama dari Kristen ke Islam.

Posting- anAkuapem Poloo datang dengan beberapa foto dirinya di mana ada beberapa orang yang tampaknya membantunya dalam perjalanan pindah agama menjadi Muslim. Dilansir My Joy Online, Kamis (11/8/2022), Akuapem Polo terlihat dengan rambut tertutup mengenakan gaun longgar sambil memegang sajadah.

"Alhamdulillah sekarang menjadi Muslim seutuhnya. Terima kasih kepada Wakil Imam ASWAJ Ga West dan Cheif Imam di Nsakina Quran Qari dan dewannya untuk membantu dalam hal ini," tulis Poloo, di akun Instagram -nya.

Akuapem Poloo tidak memberikan alasan mengapa dia memutuskan untuk membuat keputusan yang mengubah hidupnya itu. Di postingan lain, Poloo mengucapkan terima kasih kepada artis senior Kalsoume Sinare, yang beragama Islam, atas dukungannya.

"Terkadang Anda hanya perlu mengabaikan sesuatu dan fokus pada hidup Anda ya biarkan mereka berpikir apa yang mereka inginkan. Anda hanya melakukan apa yang Anda inginkan. Pastikan apa yang Anda lakukan menyenangkan ALLAH," tulisnya.

Ghana yang berada di Benua Afrika, merupakan salah satu negara yang memiliki beragam kepercayaan. Namun, dua agama terbesar di negara ini adalah Islam dan Kristen. Secara umum hubungan antara penganut Islam dan Kristen di Ghana berjalan cukup harmonis. Dengan berdasarkan arahan dari Dewan Perwakilan Muslim, maka segala permasalahan di bidang sosial, agama, ekonomi dan sebagainya yang melibatkan umat Islam, akan diselesaikan melalui pembicaraan.

Kebanyakan pemeluk Islam di Ghana menganut aliran Sunni mengikuti mazhab Maliki. Sufisme, termasuk perkumpulan tarekat bagi pemurnian ajaran Islam, tidak berkembang di Ghana. Sebaliknya, persaudaraan Tijaniyah dan Qadiriyah menyebar di sejumlah wilayah di sana.

Agama Islam masuk ke Ghana dimulai dari wilayah utara. Wilayah ini sudah menjadi basis pengembangan agama Islam sejak berabad-abad lampau ketika para pedagang asal Arab dan Afrika Barat mulai berdatangan ke Ghana. Penyebaran Islam di kawasan ini berpusat di Ghana kuno pada abad 9 sebagai akibat meningkatnya aktivitas perdagangan antar negara.

Kemudian Islam diterima luas hingga mencapai wilayah kerajaan Mali dan Songhai. Islam-lah yang membuka jalan munculnya kemajuan di wilayah utara Ghana sekitar abad 15. Dua suku utama yakni Mande dan Wangara disebut-sebut dalam catatan sejarah sebagai pihak yang berjasa membawa agama Islam ke wilayah tersebut. Juga di kawasan timur laut, Islam bertumbuh kembang.

Original Source

Topik Menarik

{