Megawati Dukung Ratu Kalinyamat dan Dokter Soeharto Dijadikan Pahlawan Nasional

Megawati Dukung Ratu Kalinyamat dan Dokter Soeharto Dijadikan Pahlawan Nasional

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 11 Agustus 2022 - 14:13
share

JAKARTA Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri berpendapat atas kegigihan Ratu Kalinyamat di masa hidupnya menghadapi kolonial Portugis layak mendapat gelar pahlawan nasional.

"Coba bayangkan, duh orang penjajah mengakui kok kitanya sendiri ya ndak. Jadi saya setuju banget," tutur Megawati.

Megawati mengutip kisah Ratu Kalinyamat, terbukti bersemangat membangun kapal perang dan mengirimkannya untuk menyerang Portugis pada tahun 1551, membantu Sultan Johor di Malaka, Sultan Ternate, Sultan Hitu, dan puncaknya pada tahun 1574 ketika membantu Sultan Aceh di dalam menghadapi Portugis.

Megawati kemudian menyinggung juga sosok laksamana perempuan pemberani dari Bumi Serambi Mekah, Aceh. Laksamana Malahayati, mampu mengalahkan Cornelis de Houtman melalui duel satu lawan satu. Lalu, ketegasan yang tidak tertandingi Ratu Shima di Kerajaan Kalingga di Pantai Utara Jawa.

"Ratu Kalinyamat, Laksamana Malahayati dan Ratu Shima hanyalah sedikit contoh, betapa Nusantara begitu kaya dengan tokoh-tokoh maritim, dan banyak di antaranya adalah tokoh perempuan," kata Megawati.

Jelang peringatan 17 Agustus, Megawati mengatakan dirinya juga menerima aspirasi agar dr Soeharto mendapat gelar pahlawan nasional.

Untuk diketahui, semasa hidupnya, dr Soeharto memiliki kedekatan spesial dengan Presiden dan Wakil Presiden pertama RI, Soekarno dan Mohammad Hatta. Bahkan sejak 1942, dirinya didapuk menjadi dokter pribadi kedua Proklamator tersebut.

"Saya punya orang tua yang sangat progresif. Tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan," tutup Megawati.

(kri)

Topik Menarik