Alami Masa Sulit Menghafal Alquran? Atasi dengan Tips Ampuh Ini

Alami Masa Sulit Menghafal Alquran? Atasi dengan Tips Ampuh Ini

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 10 Agustus 2022 - 19:33
share

KAUM Muslimin penghafal Alquran memiliki nilai lebih di sisi Allah Subhanahu wa ta\'ala. Selain itu dengan menghafal Kalamullah maka akan meraih limpahan pahala dari Allah Ta\'ala.

Namun ada kalanya seorang Muslim mengalami masa-masa sulit menghafal Alquran . Ini sebagaimana dialami para santri pemula.

Hal tersebut ternyata juga sempat dirasakan oleh putri Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri KH Abdullah Mahrus, yakni Ning Hafshah Al Ahla. Hafsah mengaku ada hal yang membuatnya bertahan menghafal, yakni bercermin kepada teman-teman yang memang berhasil menyelesaikan hafalannya.

"Selain itu ada motivasi lain, yaitu keutamaan di hari kiamat bahwa seorang anak yang menghafal Alquran 30 juz akan bisa memberikan mahkota yang sinarnya melebihi matahari," ungkap Hafsah dalam tayangan YouTube NU Online.

Ia yang saat itu berusia 14 tahun tentu ingin memiliki keistimewaan tersebut. Sehingga, hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam itu dijadikannya motivasi.

"Menghafal Alquran bisa menjadi bukti berbakti kepada orangtua. Sehingga dari motivasi itu dapat bertahan menghafal," ujarnya, dikutip dari nu.or.id , Rabu (10/8/2022).

Dirinya mengungkapkan bahwa saat menghafal jangan pernah berpikir berapa tahun ke depannya, tapi memandang hari ini, sehingga harus fokus dengan apa yang dijalani.

"Selain itu lingkungan pertemanan yang baik dan sehat juga memengaruhi, sehingga pembicaraan yang buruk dapat dijauhi dan cukup berteman dengan orang-orang yang memotivasi," terang Hafsah.

Menurut dia, penting menjadikan orang yang rajin sebagai motivasi untuk mendapatkan apa yang sudah dicita-citakan.

"Jangan sampai putus semangatnya, sehingga di tengah-tengah menghafal malah apa yang diinginkan justru tidak jadi. Hal demikian akan membuat guru kita sedih," imbaunya.

Hafshah mengingatkan diwajibkannya belajar makharijul huruf dan shifatul huruf agar bisa melafalkan dengan fasih.

"Kemudian bersungguh-sungguh dalam tajwidnya. Bagaimana bacaan-bacaan ketika dilafalkan, sehingga dari situ juga penting untuk menggurukan hafalan," tuturnya.

Dia melanjutkan, sejatinya menghafal Alquran adalah digurukan, karena tidak bisa dipraktekkan sendiri dan tidak ada yang mengingatkan jika ada kekeliruan.

Allahu a\'lam bisshawab .

Topik Menarik