Presiden Ukraina Desak Barat Larang Semua Pelancong Asal Rusia, Dinilai Lebih Efektif Ketimbang Sanksi

Presiden Ukraina Desak Barat Larang Semua Pelancong Asal Rusia, Dinilai Lebih Efektif Ketimbang Sanksi

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 10 Agustus 2022 - 12:33
share

UKRAINA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah meminta negara-negara Barat untuk melarang semua pengunjung atau wisatawan asal Rusia.

Orang Rusia harus hidup di dunia mereka sendiri sampai mereka mengubah filosofi mereka", kata Zelensky kepada The Washington Post.

Menurut dia, larangan seperti itu akan lebih efektif daripada sanksi saat ini, yang melarang maskapai dan pejabat Rusia terkait dengan Kremlin.

Diketahui, Rusia masih bisa mendapatkan visa Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS).

Seruan Zelensky mungkin hanya mendapat dukungan terbatas, karena Rusia - meskipun ada sanksi - memiliki hubungan bisnis global yang luas dan turis Rusia masih diterima di tujuan liburan seperti Mesir, Turki, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Perdana Menteri (PM) Estonia Kaja Kallas mendukung seruan ini. "Berhenti mengeluarkan visa turis ke Rusia. Mengunjungi Eropa adalah hak istimewa, bukan hak asasi manusia, cuitnya pada Selasa (9/8/2022).

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Latvia Edgars Rinkevics mengatakan kepada situs web Politico bahwa negara-negara Uni Eropa harus membatasi penerbitan visa untuk Rusia, dengan pengecualian untuk alasan kemanusiaan.

Pada Senin (8/8/2022), tetangga Nordik mereka, Finlandia, juga mendukung pembatasan pengunjung Rusia.

PM Finlandia Sanna Marin mengatakan kepada penyiar nasional YLE "tidak benar bahwa pada saat yang sama ketika Rusia melancarkan perang agresi yang agresif dan brutal di Eropa, Rusia dapat menjalani kehidupan normal, bepergian di Eropa, menjadi turis".

Estonia dan Finlandia diperkirakan akan mengangkat masalah visa pada pertemuan menteri luar negeri Uni Eropa segera.

Terkait hal ini, Kremlin menanggapinya dengan cemoohan. Juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin, Dmitry Peskov, mengutuk usulan Zelensky, dengan mengatakan "ini hanya dapat dilihat secara sangat negatif".

"Setiap upaya untuk mengisolasi Rusia atau Rusia adalah proses yang tidak memiliki prospek," katanya.

Seperti diketahui, visa Schengen UE memungkinkan pengunjung untuk tinggal di UE hingga 90 hari untuk pariwisata atau bisnis.

Pengunjung dapat melakukan perjalanan dengan bebas di dalam zona Schengen 26 negara pada periode itu - zona yang mencakup 22 negara Uni Eropa ditambah Islandia, Norwegia, Swiss, dan Liechtenstein.

Jadi orang Rusia masih dapat mengunjungi sebagian besar negara UE meskipun tidak ada hubungan udara langsung. Namun, mereka yang berada dalam daftar sanksi Barat - banyak oligarki dan pejabat yang terkait dengan Presiden Putin dan militer Rusia - dilarang.

Invasi Rusia 24 Februari lalu ke Ukraina memicu sanksi Barat yang luas dan mendorong puluhan ribu orang Rusia untuk pergi ke luar negeri. Mereka termasuk aktivis oposisi, tetapi juga banyak yang tidak terlibat secara politik dan melihat peluang yang lebih baik di luar Rusia.

Zelensky mengatakan "sanksi yang paling penting adalah menutup perbatasan - karena Rusia mengambil tanah orang lain".

Dia sebelumnya mengutuk kegagalan Barat untuk melarang semua impor gas dan minyak Rusia - perdagangan yang membantu mendorong kampanye Putin di Ukraina.

Invasi Rusia telah menewaskan ribuan orang dan memaksa jutaan orang Ukraina melarikan diri ke luar negeri, sebagian besar ke Polandia dan negara-negara Uni Eropa terdekat lainnya.

Kemarahan Ukraina pada agresi Rusia telah diekspresikan sebagai reaksi terhadap bahasa dan budaya Rusia.

Beberapa selebritas Ukraina mengumumkan di media sosial bahwa mereka tidak lagi menggunakan bahasa Rusia di depan umum - namun bahasa tersebut banyak digunakan di Ukraina, dan telah digunakan selama berabad-abad.

Di ibukota Kyiv awal tahun ini, pemungutan suara publik online memilih nama baru untuk lima stasiun metro, untuk menggantikan nama dengan koneksi era Rusia atau Soviet.

Seperti Leo Tolstoy Square akan disebut Vasyl Stus, dan Pahlawan Dnieper akan menjadi Pahlawan Ukraina. Stasiun Druzhby Narodiv - yang berarti "persahabatan orang-orang" - akan disebut Botanical.

Negara-negara Baltik yang sebelumnya berada di Uni Soviet - Estonia, Latvia, dan Lituania - termasuk di antara anggota UE yang paling mendukung Ukraina.

Estonia dan Latvia sekarang tidak lagi mengeluarkan visa Schengen kepada orang Rusia - namun mereka memiliki etnis minoritas Rusia yang besar. Namun, orang Rusia dengan visa Schengen yang dikeluarkan oleh anggota UE lainnya masih dapat memasuki negara-negara Baltik dan melanjutkan perjalanan.

Bulgaria memiliki perselisihan diplomatik dengan Rusia dan mereka telah berhenti mengeluarkan visa turis untuk warga negara masing-masing.

Peskov membandingkan sikap itu dengan sikap nasionalis yang berlaku menjelang Perang Dunia Kedua.

"Dalam ketidakramahan mereka, banyak dari negara-negara ini tergelincir ke dalam kelupaan," katanya.

"Dan mereka menggunakan pernyataan yang kami dengar dari beberapa negara Eropa di pusat Eropa 80 tahun lalu, lanjutnya.

Di Prancis, Chteau de Vincennes dekat Paris telah melarang masuknya orang Rusia sejak invasi ke Ukraina. Bekas kediaman kerajaan - objek wisata populer - memiliki arsip angkatan bersenjata Prancis.

Topik Menarik